Antisipasi Musim Panas Berkepanjangan. PT GMS Bangun Sumur Bor Untuk Membantu Masyarakat Lingkar Tambang di Laonti

46

KONSEL - Untuk memastikan cadangan air di musim panas berkepanjangan ini tetap aman, manajemen PT Gerbang Multi Sejahtera (GMS) bersama Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Laonti dan Pemerintah Desa (Pemdes) Sangi-Sangi melakukan pengecekan sumber mata air, di Desa Ulusawa, Rabu (11/10/2023).

PJO Site Amesiu PT. GMS, Idris ST mengatakan, dalam mengantisipasi kekeringan saat ini pihak perusahaan PT GMS sedang melakukan pembuatan sumur bor yang terdapat dibeberapa titik di setiap dusun desa, terutama desa yang dikhawatirkan akan terdampak kekurangan air, yakni Desa Ulusawa, Sangi-Sangi dan Desa Lawisata.

Advertisement

Olehnya itu, kata Idris, PT GMS bersama Pemcam dan Pemdes melakukan pengecekan sumber mata air. Apabila terdapat titik mata air yang lebih berpotensi dapat melayani kebutuhan seluruh masyarakat Kecamatan Laonti, maka pihak perusahaan akan membantu memfasilitasi agar warga dapat menggunakannya.

“Kami dari pihak perusahaan menyarankan agar membuatkan proposal, dan akan difasilitasi dalam pengelolaannya,” katanya.

Sementara itu, Camat Laonti, Palaki menjelaskan, bahwa masyarakat Kecamatan Laonti sebagian besar menggunakan sumber air yang berasal dari pegunungan dan Alhamdulillah sampai saat ini masih dapat terpenuhi kebutuhan masyarakat .

Namun dalam menghadapi musim kemarau ini, lanjut Palaki, perlu dilakukan pengecekan titik air yang dapat digunakan sebagai cadangan sumber air demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat, serta untuk mencegah adanya wilayah yang terdampak kekeringan selama musim kemarau ini.

“Kami berterima kasih kepada pihak perusahaan PT. GMS yang siap memfasilitasi dalam perbaikan setiap titik sumber air untuk kebutuhan warga,” tandasnya.

Untuk diketahui, ikut dalam melakukan pengecekan sumber air tersebut, yakni Camat Laonti Palaki, Manajer PT GMS Awal, PJO Site Amesiu Idris, Head Team PT GMS Riki, Kapolsek Laonti Ipda Andi Hasanuddin, Kepala Desa Sangi-Sangi Ruslan dan personel Polsek Aiptu Muh Ali Amin. (HNr)