Perkuat Upaya Penanggulangan Bencana di Takalar, Pj. Bupati terima Tim Verifikasi BNPB Pusat

68

SULSELBERITA.COM. Takalar, 30 September 2023.  Pj. Bupati Kab. Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg, menerima langsung Tim Verifikasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat yang dipimpin Kasi Kedaruratan Bapak Rudi di Rumah Jabatan Bupati Takalar, Sabtu 30 September 2023. Kunjungan berlangsung selama dua hari jum'at dan sabtu 29 s/d 30.

Pj. Bupati Takalar menyampaikan terima kasih atas kedatangan dari BNPB ke Kab. Takalar, kedatangan BNPB ini suatu angin segar bagi pemerintah daerah takalar, mengingat Kab. Takalar pernah dilanda angin puting beliung pada tahun 2022 lalu.

Advertisement

"Kunjungan ini mencerminkan sinergi yang kuat antara pemerintah daerah dan BNPB pusat dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan warga Takalar, serta memperkuat upaya penanggulangan bencana di masa mendatang” Pungkas Dr. Setiawa.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan BNPB Rudi mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan Pj. Bupati Takalar ke kantor BNPB beberapa bulan yang lalu. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan bencana di daerahnya.

"Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk menindaklanjuti usulan dari Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Takalar. Dimana Tim verifikasi BNPB telah melakukan verifikasi lapangan di enam titik sungai yang terkena dampak banjir pada Desember 2022, sebagai bagian dari upaya mendukung pemulihan dan penanggulangan bencana di wilayah ini" Jelasnya.

Setelah menerima tim verifikasi, Pj. Bupati Takalar bersama BNPB turun langsung ke lapangan untuk meninjau warga yang terdampak bencana angin puting beliung di Kelurahan Rajayya, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, di mana sebanyak 11 rumah mengalami kerusakan serius akibat angin puting beliung. Selanjutnya, dilanjutkan ke lokasi sungai yang terdampak banjir di Desa Soreang, Kecamatan Mapsu, dan Desa Galesong, Kecamatan Galesong.