SMAIT Showatul Is Ad Lakukan Study Tiru Di MA Arifah Gowa

69

SULSELBERITA.COM. Gowa -Sebanyak empat orang Tim dari SMA IT Showatul Is Ad Pangkep mengunjungi MA Arifah Gowa (Rabu,13/09/2023). Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat dari dekat penerapan digitalisasi pembelajaran di Madrasah, juga untuk mengetahui pelaksanaan Sistem Kredit Semester yang sudah berjalan di Madrasah yang terletak di Pallangga.

Tim yang dipimpin oleh Kepala Sekolah SMAIT Showatul Is Ad Syamsuddin diterima langsung oleh kepala MA Arifah Gowa Ridzan Djafri didampingi Direktur Madrasah Arifah Dr. H Nurdin Bali. Menjelaskan bahwa maksud kunjungannya adalah untuk melihat beberapa keunggulan dari MA Arifah termasuk beberapa sekolah lain menjadi sasaran tim dapat dilaksanakan di SMAIT Showatul Is’ad.

Wakamad Kurikulum MA Arifah Amriadi menjelaskan bahwa system pembelajaran di MA Arifah sudah menggunakan digital full dan tak lagi menggunakan kertas (Paper less). Siswa mengikuti pembelajaran kemudian mengerjakan asesmen pada smartphonenya dan guru memeriksa pekerjaan siswa juga secara digital.

Amriadi juga menjelaskan bahwa pembelajaran di Arifah menggunakan system belajar tuntas, yaitu materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa langsung diadakan asesmen diakhir pembelajaran sehingga siswa tidak lagi diberikan Pekerjaan Rumah atau PR, semua harus tuntas disekolah.

Agar siswa rajin membaca (reading Society), di web MA Arifah kata Amri telah disediakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), modul Ajar dan beberapa buku paket secara digital, meskipun di sekolah juga disiapkan beberapa buku cetak yang dapat dibaca secara langsung oleh siswa.

Terkait sistim atau aplikasi yang digunakan, kepada tim SMAIT Showatul Is’ad yang terdiri dari Syamsuddin (kepsek SMA), Sunandar (Kabag Humas Dan Promosi), Ilham Nur (Kasubag Promosi), Ali Imran (Kasubag Humas), Amriadi menjelaskan bahwa untuk siswa digunakan Microsoft office. Setiap siswa diberikan akun microsof secara gratis. Sedangkan untuk penyimpanan dan penyajian data digunakan Google.

Lebih lanjut Amriadi menjelaskan bahwa Office memiliki kelebihan dari segi privasi penggunaan, sedangkan google memiliki keunggulan kapasitas penyimpanan. Kedua keunggulan uni yang masing-masing digunakan di MA Arifah.