Peduli Kesehatan WBP, Lapas Takalar Teken Kerja Sama dengan Puskesmas Pattallassang

59

SULSELBERITA.COM. Takalar Kepala Lembaga Pemasyarakatan Takalar, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Ashari, lakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kepala Puskesmas Pattallassang Kabupaten Takalar, Jumat (11/8).

Kerja sama ini mencangkup peningkatan derajat kesehatan optimal bagi warga binaan melalui pelayanan kesehatan menyeluruh dan profesional, serta penyelaggaraan program-program yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup warga binaan.

Kepala Puskesmas Pattallassang, Hj. Suriana, menyambut positif kerja sama antara Puskesmas dan Lapas Takalar.

"Ini sangat bagus, kerja sama antara Lapas dan Puskesmas di mana apabila ada warga binaan sakit, silakan hubungi kami, kami siap dua puluh empat jam menerima," kata Hj. Suriana.

"Terkait TB bisa, dan terkait Scabies nanti orang Kesling akan mengujungi Lapas untuk mengecek kesehatan lingkungan yang ada di sana," tambahnya.

Kepala Lapas Takalar, Ashari, mengungkapkan jika kerja sama ini merupakan usaha Lapas Takalar untuk meningkatkan taraf kesehatan warga binaan.

"Kami di Lapas keterbatasan tenaga kesehatan, sehingga untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan tentu kami harus bersinergi dengan instansi-intansi terkait," kata Ashari.

Ashari menambahkan jika pihaknya telah menjalankan beberapa program yang disinergikan, seperti pengecekan kesehatan berkala, menggelar senam, dan penyuluhan kesehatan.

"Pekan lalu kami adakan pengecekan kesehatan dan senam bersama, ke depannya kami akan merancang program-program yang bisa disinergikan dengan Puskesmas Pattallassang," ujarnya.