Pj. Bupati Takalar Serahkan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2024 Pada Sidang Paripurna DPRD

45

SULSELBERITA.COM – Takalar, Sidang paripurna penyerahan Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2024 digelar pada senin 31 juli 2023 di Ruang Sidang Paripurna Lantai II Kantor DPRD Kab. Takalar.

Penyerahan KUA-PPAS itu diserahkan langsung Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad ke Wakil Ketua DPRD Takalar di saksikan langsung oleh ketua DPRD, Para Anggota DPRD Kab. Takalar, Para Anggota Forkopimda, Para Pimpinan OPD serrta Hadirin Tamu Undangan yang Hadir Pada Sidang Paripurna DPRD. Dimana penyerahan tersebut dilakukan sesuai amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

Advertisement

Pj. Bupati Takalar mengatakan, penyerahan ini sebagai suatu langkah percepatan penyusunan Rancangan APBD.

“Agar pembangunan terarah dan bermanfaat. Selanjutnya akan tercipta keterkaitan, konsistensi dan sinergitas antar perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan,” jelasnya.

Pada penyampaian rencana belanja pada sidang paripurna tersebut untuk tahun anggaran 2024 mengalami penurunan sebesar 13,07% dari APBD pokok tahun anggaran 2023.

Dengan Adanya penurunan rencana belanja daerah sama hal nya dengan pendapatan transfer, dalam hal ini dana alokasi khusus fisik belum dapat digambarkan dalam dokumen rancangan kua-ppas tahun anggaran 2024 dikarenakan masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait rincian alokasi transfer ke daerah tahun anggaran 2024. Ungkapnya.

Belanja daerah Harus dititik beratkan kepada prioritas pembangunan. Olehnya itu beliau meminta semua perangkat daerah efisien dan efektif, serta proporsional.