Tim Kedaireka Fakultas Kehutanan UNHAS dan BPTH Wilayah II Laksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Maros

159

SULSELBERITA.COM. Maros – Tim Kedaireka Fakultas Kehutanan UNHAS dan BPTH Wilayah II telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Maros pada minggu, 31 juli 2023.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang penanaman bibit, serta secara langsung membagikan bibit tersebut ke masyarakat.

Advertisement

Kegiatan pembagian bibit tersebut secara spesifik terletak di alun-alun Kota Maros kepada masyarakat yang berkunjung pada hari car freeday. Pengabdian ini bertema “Teknologi Perbaikan Kultur Jaringan untuk Penyediaan Bibit Bermutu Tanaman Kehutanan” pada pukul 07.00 Wita sampai 09.00 Wita dengan jumlah total 300 bibit.

Selain di alun-alun Kota Maros, kegiatan lainnya yaitu pelaksanaan penanaman bibit di Desa Wisata Rammang-rammang sebagai bentuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dengan cara menanam pohon, disisi lain juga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Desa Rammang-ramang dengan menanam jenis bibit tabebuya, ketapang kencana, rambutan, dan eboni.

Ketua Tim Pengabdian masyarakat Unhas, Prof Restu dalam penyampaiannya “Kegiatan pelibatan masyarakat melakukan penanam bibit berkualitas ditujukan untuk berperan dalam upaya penanganan masalah lingkungan guna mengurangi potensi resiko terjadinya longsor, banjir, menjaga kesuburan tanah, pengaturan tata air serta adaptasi terhadap dampak perubahan iklim”. Program ini, merupakan kolaborasi tim Kedaireka Fahutan Unhas bersama dengan BPTH Wilayah II dalam penyediaan bibit tanaman yang baik dan berkualitas dengan ketersediaan bibit yang berkelanjutan.

Pak Iwan salah satu masyarakat dari Desa rammang-rammang mengatakan “kegiatan penanaman bibit disambut antusias oleh masyarakat dengan mengambil langsung masing-masing jenis bibit yang berbeda untuk ditanam di sekitar rumahnya, apalagi ada beberapa bibit yang belum diketahui masyarakat sehingga tertarik untuk menanamnya”.

Prof Restu yang juga merupakan dosen fakultas kehutanan, menambahkan “kegiatan pengabdian ini dapat berjalan dengan baik berkat dukungan dan kerjasama dari tim kedaireka, dan mitra BPTH Wilayah II. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan pada berbagai tempat untuk memberikan dampak langsung ke masyarakat”.