Sinergi Lapas Takalar dan Puskesmas Pattallassang Selenggarakan Germas

69

SULSELBERITA.COM. Takalar РLembaga Pemasyarakatan Takalar bersama Puskesmas Pattallassang kabupaten Takalar mengadakan kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) berupa senam dan pemeriksaan kesehatan bagi warga binaan dan petugas, Jumat (28/7).

Kepala Puskesmas Pattallassang, Hj. Suriana S.Kep.,Ns menjelaskan jika program Germas diharapkan bisa bersinergi dengan Lapas Takalar.

Advertisement

“Gerakan Germas terintegrasi dengan beberapa program di antaranya skrining PTN, menyasar karyawan Lapas, sekiranya bisa kita periksa kondisi kesehatan mulai lingkar perut, cek kesehatan mata, dan kesehatan lingkungan Lapas khususnya kodisi dapur Lapas,” jelas Hj. Suriana.

“Kami harapkan kegiatan Puskesmas bisa bersinergi dengan Lapas, karena banyak kegiatan Puskesmas yang bisa kita lakukan, seperti penyuluhan kesehatan lingkungan, tentang skabies, penyakit kulit, dan penyakit menular yang bisa terjadi di lingkungan Lapas karena kondisi Lapas yang overcrowded,” tambahnya.

Kesempatan sama, Achmad, selaku kasubsi perawatan Lapas mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Pattallassang dan menjelaskan jika pihaknya siap bersinergi untuk menjalankan program positif.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Puskesmas Pattalassang, untuk kegiatan hari ini. Mulai dari senam bersama warga binaan, pemeriksaan kesehatan berupa cek gula darah, cek tekanan darah, cek kesehatan mata, dan lingkar perut bagi pegawai,” kata Achmad.

“Ke depannya kami siap bersinergi untuk melaksanakan kegiatan positif lainnya dalam rangka menjaga kesehatan warga binaan di Lapas, mengingat kondisi Lapas yang over kapasitas, tentunya butuh sinergi dari berbagai pihak” tekannya.