Pj. Bupati Takalar Hadiri Sosialisasi Dan Launching Kampung Moderasi Beragama

91

SULSELBERITA.COM. Takalar - Rabu, 26 Juli 2023. Kampung Moderasi Beragama ini merupakan binaan Penyuluh Agama Islam yang mengangkat Tema Damai Kampungku, Rukun Warganya yakni di Desa Tamalate, Kec. Galesong Utara dan Desa Surulangi Kec. Polongbangkeng Kab. Takalar, Lapor Kakankemenag Kab. Takalar H. Solihin Syamsuddin.

“Dengan Launching Kampung Moderasi Beragama ini diharapkan tercipta harmonisasi kehidupan social yang indah, damai sejahtera serta tentram di tengah pluralitas masyarakat Takalar yang merupakan salah satu penyangga utama Perekonomian di Kawasan Mamminasata , utamanya di Kota Makassar,” Tambah Solihin (Rabu, 26 Juli 2023) di Aula Hotel Wisata Pantai Galesong Takalar.

Advertisement

Sementara Pj. Bupati Kab. Takalar Setiawan Aswad dalam Sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Kemenag Takalar, utamanya penetapan 2 Desa di Kab. Takalar sebagai kampung Moderasi Beragama, tentu dengan kriteria yang pas.

“saya melihat Gagasan Kampung Moderasi beragama ini sebagai sebuah lompatan social yang bagus, karena ke depan yang bisa disebut Warga Dunia adalah warga yang mampu merawat keberagaman di tengah masyarakat, dan warga Takalar bisa menjadi salah satunya, sebab Hanya tempat tempat yang mampu merawat keberagamaan, kerukunan dan toleransi lah yang akan maju dan sejahtera.” Jelas Pj. Bupati Takalar.

Lanjutnya, PR kita kedepan adalah bagaimana merawat Komitmen Kebangsaan yang menjadi pilar utama Bernegara, karenanya Rawatlah kampung moderasi ini dengan sinergitas lintas institusi, jangan sekedar simbol, sehingga Kampung Moderasi ini bisa jadi percontohan bagi Daerah lain di Takalar.

Diakhir sambutannya, Pj. Bupati Takalar sebut Kakanwil Kemenag Sulsel sebagai Pejuang Moderasi Beragama di Sulsel, karena melihat kegigihan Kakanwil memperjuangkan Ide dan Nilai Moderasi Beragama melalui berbagai program dan kegiatan diantaranya yang paling besar adalah Pekan Moderasi Beragama yang melibatkan seluruh unsur masyarakat lintas agama di Sulsel.

Selain dihadiri Kakanwil Kemenag Sulsel, Acara Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Beragama Tingkat Kab. Takalar dihadiri pula oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Pj. Bupati Takalar, unsur Forkopimda Ka. Takalar, Kabid Urais Kanwil, Camat dan Kades, Ketua FKUB Kab. Takalar, Kakankemenag Takalar dan Jajarannya serta Pimpinan Ormas Keagamaan.