Madrasah Arifah Tutup Matsama Dengan Seminar Pendidikan Nasional

31

SULSELBERITA.COM. Gowa – Madrasah Arifah menutup kegiatan Masa Ta’ruf Siswa Madrasah (Matsama) tp 2023/2024 dengan melaksanakan Seminar Pendidikan nasional.

Seminar dengan tema. PERAN SISWA DAN ORANG TUA PADA ERA 5.0 DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAM DAN BUDAYA POSITIF. ini dihadiri oleh seluruh siswa baru tingkat MTs dan MA Arifah.

Advertisement

Selain itu hadir pula para orang tua siswa, dan guru dalam lingkup Madrasah Arifah.

Tampil sebagai pembicara pertama Bupati Gowa Adnan Purichta Ikhsan. Dalam pemaparannya, Bupati Adnan yang juga akan menutup kegiatan matsama menjelaskan bahwa; Pemerintah Komitmen Wujudkan Bonus Demografi yang Berkualitas.

Bonus demografi merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan penduduk sebuah negara pada usia produktif
Bonus demografi Indonesia emas terjadi pada tahun 2045.

Pada tahun itu menurut Adnan, penduduk Indonesia kebanyakan adalah mereka yang saat ini seumuran dengan peserta Matsama yang sebentar lagi akan ditutup. Pada saat itu Indonesia genap berusia 100 tahun. Dan diharapkan sudah sejajar dengan Negara maju lainnya. Tandas Adnan.

Selain Bupati Adnan, Tampil sebagai pembicara dalam seminar tersebut adalah antara lain; Direktur Pendidikan Universitas Hasanuddin Dr. Risma Illa Maulany, S.Hut., M.NatRest. dan Ketua MUI Kab Gowa KH Abu Bakar Paka.

Beberapa pejabat yang sempat hadir dalam seminar tersebut adalah antara lain, Anggota DPR RI Amir Uskara, Gubernur Sulsel diwakili kepala Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Selatan Iqbal Najamuddin, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Kakanwil Kemenag Sulsel diwakili kepala bidang Pendidikan Madrasah Muhammad Tonang, Ketua MUI Kab Gowa KH Abu Bakar Paka, Kakan. kemenag Gowa diwakili Kasi penma Muhammad Jamil. Perwakilan dosen dari Universitas Hasanuddin, perwakilan camat dan kepala desa se kabupaten gowa dan beberapa unsur lainnya.

Ketua Yayasan, H.ilham ari fauzi amir uskara, ST menjelaskan Sekarang ada 1800 siswa di madrasah arifah, ini sebanding dengan dua kali jumlah akumulasi 18 kecamatan, 167 Desa Dan 726 Dusun se kabupaten gowa.

Ketika anak ini sukses dan menjadi pemimpin, paling tidak di daerahnya. Insya Allah Gowa akan selalu jaya, masa depan gowa cerah dan insya Allah Tagline gowa bersejarah tidak akan berubah menjadi gowa hanya sejarah