UNM Gelar Pengabdian Masyarakat di Polewali Mandar untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Berbasis Character & Communication Training

19

SULSELBERITA.COM. Mandar – Pengabdian masyarakat yang di lakukan oleh dosen Bimbingan dan Konseling dengan judul “PKM Pendampingan Character & Communication Training (CCT) untuk meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMA Negeri 1 Polewali Mandar” bertujuan untuk melatih kemampuan komunikasi positif peserta didik terhadap pencegahan bullying. Melalui keterampilan karakter dan komunikasi yang efektif, seseorang dengan mudah dan berani dalam menyampaikan perasaan dan pikiran dengan baik. Selain itu tujuan kegiatan pengabdian ini melatih para remaja khususnya pelajar agar menjadi lebih percaya diri.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Polewali Mandar. Kegiatan ini di ketuai oleh Prof. Dr. Farida Aryani, M.Pd. Kegiatan ini mendapat apresiasi positif oleh guru dan peserta didik. Abdul Rahman, S.Pd, M,Pd selaku kepala sekolah berharap kegiatan pengabdian masyarakat bekerja sama dengan SMAN 1 Polewali Mandar bisa terus bersinergi untuk kegiatan positif peserta didik.

Pada kegiatan pengabdian ini pelajar diberikan pengenalan permasalahan di sekolah termasuk bullying, dimulai dengan tahapan definisi, jenis-jenis bullying, lingkaran bullying serta pencegahan yang berisi seputar mengembangkan kepercayaan diri sebagai karakter anti bullying.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh UNM, mendapatkan apresiasi positif dari peserta, terlihat dari evaluasi dan antusiasme kegiatan oleh SMAN 1 Polewali Mandar, peserta menghendaki adanya kegiatan lanjutan agar mereka terus bisa belajar dan mengembangkan kemampuan peserta didik.