WORKSHOP PENGABDIAN MASYARAKAT 2023: Pelatihan Peningkatan Personal Peacefulnes bagi Guru SMP/SMA Majene Sulawesi Barat

15

SULSELBERITA.COM. Majene – Sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan pribadi dan kehidupan kerja para guru BK di Majene, Sulawesi Barat, Dr. Sahril Buchori. S. Pd., M. Pd., seorang Dosen BK & KAPRODI BK Pascasarjana UNM, menyelenggarakan pelatihan peningkatan personal peacefulness salah satu dari 3 rangkaian Workshop Pengabdian Masyarakat 2023. Pelatihan ini dihadiri oleh para guru dari SMAN 3 Majene dengan tujuan untuk membantu mereka mengembangkan keseimbangan, ketenangan, dan kualitas hidup yang lebih baik.

Pelatihan ini diadakan di SMAN 3 Majene pada tanggal 8 Juli 2023, dan dihadiri oleh guru-guru BK se-Majene. Dr. Sahril Buchori, seorang pakar di bidang Bimbingan dan Konseling, menjadi narasumber utama dalam acara ini. Dia berbagi pengetahuan dan strategi untuk mencapai personal peacefulness kepada para peserta.

Advertisement

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diajarkan tentang pentingnya menjaga keseimbangan emosional, mengelola stres, dan menciptakan kedamaian dalam diri sendiri. Mereka diberikan keterampilan dan teknik praktis, termasuk latihan relaksasi, meditasi, dan manajemen waktu yang efektif.

Dr. Sahril Buchori menjelaskan, “Personal peacefulness adalah kondisi di mana seseorang merasakan kedamaian dalam diri, menghadapi stres dengan lebih baik, dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik secara keseluruhan. Pelatihan ini memberikan peserta alat dan strategi untuk mencapai keseimbangan dan kesejahteraan pribadi.”Selama pelatihan, peserta diajak untuk melakukan latihan meditasi dan relaksasi, serta berbagi pengalaman dan refleksi mengenai tantangan yang dihadapi dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka sebagai guru. Mereka juga belajar tentang manajemen waktu yang efektif untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Peserta pelatihan, yang merupakan guru BK se-Majene, merespon dengan antusias dan berharap dapat menerapkan keterampilan yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Mereka mengakui pentingnya menjaga kesejahteraan pribadi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada siswa. Pelatihan ini memberikan keterampilan dan strategi praktis, termasuk latihan relaksasi, meditasi, dan manajemen waktu yang efektif. Peserta pelatihan, yang merupakan guru di Majene, merespon dengan antusias dan berharap dapat menerapkan keterampilan yang mereka pelajari untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada siswa.