LSP Keselamatan dan Kesehatan Kerja laksanakan Kegiatan Ujian Pengawas Konstruksi

58

SULSELBERITA.COM. Makassar ; 19 Juli 2023, pelaksanaan Assesmen Ahli Madya K3 Kontruksi di TUK DPD AK3L Prov.Sulawesi Selatan bertempat di jalan Kapasa Raya No 19 Daya Makassar. menurut Ketua Umum DPD AK3L Sulawesi Selatan Bapak Nurul Afiah, SH, MP.d, mengatakan Ujian ini bertujuan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan para calon pengawas konstruksi dalam mengawasi dan mengendalikan proyek konstruksi.

Peserta ujian yang hadir yakni Sdr.Yunus Seru (Asesi 1) dan Sdr.Muhammad Alimin Dollah (Asesi 2)

Advertisement

Adapun Materi ujian terdiri dari beberapa bagian yang mencakup aspek-aspek penting dalam pengawasan konstruksi, antara lain:
Peraturan perundangan dan Standar K3, Konsultasi dan Komunikasi K3, identifikasi dan pengendalian resiko bahaya, sasaran dan program K3 kontruksi, inspeksi K3 kontruksi, dan pencapaian pelaksanaan K3 kontruksi

Lanjut ketua katakan Pelaksanaan Ujian ini dilaksanakan dalam bentuk tes tertulis dan tes praktis. Tes tertulis melibatkan soal-soal pilihan ganda, esai, dan studi kasus yang menguji pemahaman dan penerapan peserta terhadap materi ujian. Sementara itu, tes praktis melibatkan simulasi pengawasan konstruksi di lapangan, di mana peserta diminta untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menghadapi situasi nyata yang mungkin terjadi di proyek konstruksi.

Evaluasi dan Penilaian
Setelah ujian selesai, hasil tes tertulis dan tes praktis dievaluasi dan dinilai oleh tim penilai yang terdiri dari para ahli di bidang pengawasan konstruksi dalam hal ini dihadiri oleh 2 orang Asesor yang ditunjuk oleh DPD AK3L SULSEL dalam Hal ini oleh Bapak Ketua Umum DPD AK3L SULSEL bapak Nurul Afiah, SH, MP.d . Penilaian dilakukan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya, seperti pemahaman materi, kemampuan analisis, keterampilan praktis, dan kepatuhan terhadap standar keselamatan dan kualitas.
Team Asesor
1. Bapak Ir. Naim Hamid, ST, MT, IPM, ASEAN Eng
2. Ibu Zulvyah Faisal, ST, MT

Lebih lanjut Ketua Umum DPD AK3L Sulawesi Selatan yang juga seorang Advokat bapak Nurul Afiah, SH, MP.d, mengatakan Hasil ujian akan diumumkan kepada peserta setelah pelaksanaan ujian. Peserta yang memperoleh nilai yang memenuhi syarat akan dinyatakan lulus sebagai pengawas konstruksi dan berhak mendapatkan sertifikat pengawas konstruksi.

Lanjut ketua katakan Ujian pengawas konstruksi telah dilaksanakan dengan lancar dan sukses. Melalui ujian ini, diharapkan peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam pengawasan proyek konstruksi. Dengan adanya pengawas konstruksi yang kompeten, diharapkan proyek-proyek konstruksi dapat dilaksanakan dengan baik, aman, dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. ucapnya.