IPDN Dukcapil Ikut Bantu Pelayanan Jemput Bola lingkup OPD

90

SULSELBERITA.COM. Takalar  – Pada kegiatan Pelayanan jemput bola Dinas Dukcapil Takalar untuk Aktivitas identitas Kependudukan Digital atau lazim dikenal dengan KTP digital, yang mensasar ASN dan non ASN di lingkungan kerja OPD RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle, mengikut sertakan Praja IPDN yang sementara Magang kerja di Dinas Dukcapil, pada hari Selasa, 20/05/2023.

Dua orang praja IPDN ini turut membantu memberikan tutorial tata cara Download Aplikasi IKD di Smartphone, cara mendaftar dan melakukan aktivasi IKD di HP android ataupun IOS, lalu mengarahkan ke Operator Dukcapi untuk melakukan scan QR untuk bisa mendapatkan kode aktivasi.

Advertisement

Tim jemput bola Dukcapil untuk aktivasi identitas Kependudukan Digital ini bergerak ke OPD OPD. “Setelah hari Jum’at pekan lalu, kami sasar di OPD Bapelitbangda dan DLHP, yg kami pusat kan titik Layanan nya di Bapelitbangda, maka Pekan ini kami mensasar OPD Rumah sakit Pajonga, yg jumlah Personil nya Baik ASN maupun Non ASN sekitar 900 an, yg mungkin kami lakukan sekitar 2 atau 3 hari di RSUPD HPN,” jelas Kepala Bidang PIAK dinas Dukcapil.

Layanan Jemput Bola yang kami laksanakan kekantor kantor dan ke desa desa, atas dasar surat direktur jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nomor: 470/10222/Dukcapil/ tanggal 21 Nopember 2022 terkait penerapan identitas kependudukan Digital. Kemudian itu dilanjutkan itu dipertegas dengan surat Bupati Takalar nomor 470/295/805 pada tanggal 06 Februari 2023 yg memberikan instruksi kepada Pimpinan OPD agar memerintahkan ASN dan Non ASN di lingkungan kerja masing masing untuk melakukan aktivasi IKD pada Tim pelayanan keliling atau tim jemput Bola dari Dinas Dukcapil.

Sampai hari ini baru 4 OPD dan 1 Instansi vertikal, yakni Polres Takalar yg kami sasar. Dan ini terus kami akan bergerak ke semua instansi sampai ke Pemerintah Desa.

“sebab kami ditarget untuk tahun 2023 oleh Kemendagri sebesar 20 % penduduk yg sdh Ber KTP El telah menerapkan IKD pada Masing masing di smartphone nya,” tutup Kepala Bidang Pengelolaan Informasi administrasi Kependudukan, dinas Dukcapil Takalar.