TERNYATA BEGINI TEKNIK BERBURU LEBAH HUTAN RAMAH LINGKUNGAN

69

SULSELBERITA.COM. Pangkep – Dosen Fakultas Kehutanan Laboratorium Perlindungan dan Serangga Hutan Dr. Ir. Sitti Nuraeni, MP, bersama Dr. Ir. A. Sadapotto, MP, dan Dr. Ir. Budiaman, MP yang tergabung dalam satu tim melalui Program Kemitraan Universitas Hasanuddin melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan Baleangin, Kecamatan Balloci, Kabupaten Pangkep.

Pemilihan Kelurahan Baleangin, Kecamatan Balloci, Kabupaten Pangkep sebagai lokasi dalam melaksanakan kegiatan pengabdian yaitu untuk memberikan edukasi kepada petani lebah hutan Teknik berburu lebah dengan ramah lingkungan. Program kegiatan ini dilaksankan pada Senin, 19 Juni 2023.
Kelurahan Balleanging merupakan salah satu klaster kantong perburuan lebah hutan di kaki Gunung Bulusaraung. Sudah menjadi kebiasaan teknik perburuan dan panen madu lebah hutan dengan cara memanen semua sisiran koloni sarang dan pengasapan yang tidak terkendali.

Advertisement

Teknik perburuan dan panen madu yang demikian akan dapat mengancam kelestarian lebah hutan.

Fenomena ini bahkan terjadi hampir di seluruh wilayah perburuan di Sulawesi Selatan sehingga tidak mustahil akan menuju ke arah kepunahan.

Solusi yang ditawarkan adalah memberi pemahaman dan kesadaran bagaiman menjaga kelestarian hutan dan lebah, pengenalan teknik tikung.

Teknik tikung merupakan teknik memancing lebah hutan agar dapar membuar sarang di ketinggian yang lebih rendah dan kecepatan recovery koloni lebih singkat. (Sitti Nuraeni).

Kontribusi mendasar pada khalayak sasaran adalah kemitraan ini diharapkan merubah kebiasaan dan pemahaman tentang pentingnya konservasi sumber daya lebah hutan. Masyarakat Mitra pemburu lebah hutan tetap dapat memanfaatkan sumber daya lebah tanpa mengancam kelestariaannya.

Program pengabdian ini mendapat sambutan positif dari masyarakat kelompok sasaran.

Hal ini diutarakan oleh Hamjah selaku Ketua Kelompok Perhutani Kelurahan Baleangin.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi pengetahuan serta informasi bagi kelompok tani hutan dan semoga dapat meningkatkan perkembangan dalam pemanenan atau perburuan lebah hutan yang telah kami lakukan dan terima kasih kepada tim pengabdian yang telah memberikan edukasi serta solusi terkait perburuan lebah hutan ramah lingkungan.