Apa Hasil Pertemuan Menpora dengan Satgasus Pencegahan Korupsi Polri?

35

SULSELBERITA.COM.JAKARTA, –
Yudi Purnomo Harahap anggota Satgassus Pencegahan Korupsi Polri menyatakan kepada media bahwa benar kemarin Senin tanggal 12 Juni 2023, Novel Baswedan selaku Wakil Kepala Satgassus Pencegahan Korupsi Polri bersama anggotanya yaitu Afief Yulian Miftach, A. Damanik, Yudi Purnomo, dan Aulia Postiera bertemu dengan Menpora Dito Ariotedjo beserta jajarannya.

Menurut mantan Penyidik KPK ini pertemuan tersebut merupakan pertemuan perdana terkait dengan upaya pencegahan korupsi di lingkungan Kemenpora.
Pertemuan berlangsung dengan suasana keakraban. Menurut Yudi, Menpora sangat terbuka, punya ide ide reformis dan punya semangat antikorupsi yang sama dengan Satgassus untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dalam hal ini di lingkungan Kemenpora.

Advertisement

Adapun dalam pertemuan tersebut ada beberapa hal yang disampaikan kepada Menpora yang akan dilakukan oleh Satgassus Pencegahan Korupsi Polri nantinya akan meliputi edukasi antikorupsi, perbaikan tatakelola yang dimulai dari kegiatan deteksi, aksi, dan monitoring.

Kedepannya akan ada lagi pembicaraan lanjutan dengan pihak Kemenpora terkait teknis area tugas pencegahan korupsi yang akan dijalankan bersama antara kemenpora dan Satgassus.
Adapun nantinya diharapkan bahwa di lingkungan Kemenpora akan menjadi daerah bebas korupsi dan percontohan bagi Kementerian, instansi atau lembaga lainnya.

Yudi menyampaikan bahwa pencegahan korupsi yang dilakukan oleh Satgassus juga dilakukan di Kementerian lain seperti Kementerian Sosial, Kementan, Kementerian ESDM dan Kemendag.

Yudi menambahkan bahwa apa yang dilakukan oleh Satgassus merupakan upaya untuk mencegah terjadinya korupsi yang menyebabkan kebocoran anggaran atau penyalahgunaan wewenang dan ini Perintah langsung Kapolri yang ingin Polri mendukung program Pemerintah agar tidak ada hambatan termasuk dalam hal ini dari perbuatan korupsi.