Medorong Kebijakan Energi Terbarukan dan Ketahanan Energi di Sulawesi Selatan

92

SULSELBERITA.COM. Makassar, 30 Mei 2023, Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP) melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Evaluasi Implementasi Dokumen Kebijakan Energi Dalam Upaya Mendorong Transisi Energi Di Provinsi Sulawesi Selatan. LSKP bekerjasama dengan Indonesian Parlianmentary Center (IPC) dengan mengundang perwakilan dari Pemerintah Daerah, Legislatif Daerah, Perusahaan Energi Negara,
Perusahaan Energi Swasta,
Akademisi, NGO/Media, dan
Praktisi Energi Terbaru Berbasis Masyarakat di Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dipandu oleh Amril Hans, Peneliti LSKP.

Ketahanan energi dan transisi energi yang baik bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan adalah cita-cita bersama. Adanya Rencana Umum Energi Daerah (REUD) di Sulawesi Selatan adalah upaya untuk mencari energi alternatif di daerah. Nova, perwakilan dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulsel, berharap dari FGD ini lahir Kelompok Kerja (pokja) sehingga dapat mengawasi kerja-kerja bersama kita tentang ketahanan energi dan energi terbarukan di Sulsel.

Advertisement

Jalaluddin, Guru Besar Teknik Mesin Universitas Hasanuddin, mengatakan bahwa perguruan tinggi harus dimanfaatkan untuk menggerakkan ketahanan energi dan energi terbarukan di masyarakat melalui penelitiannya. Senada dengan hal tersebut, Seryawati Yani, akademisi Universitas Muslim Indonesia memberikan pesan bahwa perlu sinergitas semua pihak memikirkan tentang ketahanan energi ini sehingga lebih memberi dampak positif bagi semua.

Kegiatan ini memiliki muara akhir untuk memberikan rekomendasi-rekomendasi ke parlemen baik di pusat dan daerah, tutup Astrid, perwakilan dari IPC.