Tiba di Pulau Latondu Wabup Serahkan Bantuan Bedah Rumah

44

SULSELBERITA.COM. Selayar – Rombongan safari halal bihalal yang dipimpin wakil bupati, H. Saiful Arif, SH, dirangkaikan dengan Kunjungan Kerja, Monitoring Pemerintahan dan Pembangunan, sekaligus mengantar Tim dan bantuan dari Asia Muslim Charity Fondation (AMCF) tiba ditl titik pertama mengantar dan sekaligus menghadiri rangkaian acara penyerahan bantuan kemanusiaan untuk warga Desa Latondu, Tarupa, dan Jinato, Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.
Rombongan tiba dan bersandar di Pelabuhan rakyat Desa Latondu pada sekira pukul 11.47 Wita, Rabu, (10/5) siang, dijemput aparat pemerintah desa dan jajaran Balai Taman Nasional Takabonerate, langsung diarahkan untuk bersantap siang dan selanjutnya menunaikan shalat Dhuhur berjamaah di salah satu Masjid di Dusun Latondu Barat.

Usai menunaikan shalat Dhuhur, wabup didampingi rombongan, berkenan menyampaikan sambutan pengantar penyerahan dan penyaluran bantuan AMCF di hadapan aparat pemerintah desa, BPD, warga, serta jajaran Balai Taman Nasional Takabonerate.

AMCF sendiri kata wabup adalah lembaga dan atau organisasi kemanusiaan Asia yang cabangnya tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan.

Lembaga kemanusiaan yang secara mandiri melakukan kegiatan survey dengan mendasari Indeks Desa Membangun (IDM) dan kemudian menginisiasi lahirnya program bantuan kemanusiaan di beberapa wilayah kecamatan pulau di Kabupaten Selayar, satu di antaranya, dipusatkan di Desa Latondu.

Wabup menandaskan, pihaknya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setulusnya kepada AMCF yang memilih Selayar sebagai lokasi bakti kemanusiaan. Karena itu, kami membantu melancarkan penyaluran berbagai bentuk bantuan dan sekaligus mengantar Tim Tehnis Lapangannya. ama sekali tidak memiliki keterkaitan dalam menentukan titik lokasi pendistribusian dan penyaluran bantuan.

“Lokasi dan bentuk bantuan ditentukan berdasarkan Survey lokasi oleh AMCF sendiri, karena itu, Camat Pasi Marannu dan Camat Pasi Masunggu Timur, jangan Cemburu” Canda Wabup di hadapan Camat Pasi Masunggu Timur Syamsul Bakhri dan Camat Pasi Marannu Syamsil, yang masih membersamai Wabup di titik lokasi pertama.
Tak hanya mengawal penyaluran dan pendistribusian bantuan AMCF. Namun dalam rangkaian kunjungan kerjanya kali ini, wabup turut mengantar putera Pasilambena, mahasiswa Selayar dari Sudan yang dengan terpaksa dikembalikan ke Indonesia dan selanjutnya dipulangkan ke Sulawesi Selatan, hingga akhirnya kembali ke Selayar sebagai dampak konflik bersenjata di Sudan, tempat Putra Pasi Lambena kuliah.

Keputusan untuk kembali ke Indonesia dipilih lima orang mahasiswa asal Selayar yang sementara menyelesaikan study di Sudan, lantaran khawatir dan takut menjadi sasaran peluru nyasar, kutip Saiful Arif, menirukan pernyataan perwakilan mahasiswa dimaksud.

Di hadapan tiga puluhan orang rombongannya, wabup menandaskan, seperti agenda agenda kunjungan sebelumnya, rangkaian kunjungan kerja kali ini juga sekaligus dimaksudkan untuk menyerap aspirasi, melakukan monitoring, mengevaluasi kegiatan pembangunan dan pemerintahan serta kinerja pelayanan.

Bila waktu memungkinkan, rombongan juga dijadwalkan akan menjangkau lima wilayah kecamatan pulau untuk mengikuti rangkaian acara safari halal bihalal, pungkas wabup H.

Usai menyampaikan sambutan, wabup berkenan melakukan penyerahan secara simbolis bantuan bedah rumah untuk dhuafa yang disaksikan dan foto bersama di depan rumah yang akan dibedah, bersama koordinator AMCF, Muhammad Yusri Wahyudi Yunus dan rombongan. (Fadly Syarif)