Dewan Penasehat Forum AWAS Takalar, Nuriksan Nurdin Motivasi Aparatur Pengawas Pemilu

316

SULSELBERITA.COM. Takalar – Takalar – Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan se-Kabupaten Takalar menggelar kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu Tahun 2024 dalam rangka meningkatkan pemahaman pengawasan pemilu menghadapi Tahapan Pemilu, kegiatan dilaksanakan sesuai jadwal yang diatur masing-masing di Sekretariat Panwaslu Kecamatan, sejak Sabtu-Minggu (29-30/4/2023).

Ketua Bawaslu Takalar, Ibrahim Salim yang membuka acara di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Polongbangkeng Utara Minggu, (30/4/2023) menegaskan agar aparatur pengawas tingkat Kecamatan dan PKD dapat menyimak seksama materi yang akan dibawakan oleh narasumber yang berkompeten, sehingga kita semakin termotivasi dan berintegritas dengan peningkatan kualitas kita dalam mengawasi tahapan pemilu.

Advertisement

Kehadiran Dewan Penasehat Forum Aliansi Masyarakat Kawal Demokrasi (AWAS) Kabupaten Takalar memberikan angin segar dan motivasi peningkatan pemahaman dan integritas pengawas dalam menjalankan tugas pada tahapan pemilu.

Nuriksan Nurdin, selaku narasumber dari Forum AWAS Kabupaten Takalar menyampaikan materi strategi management lembaga penyelenggara pemilu dan peningkatan kapasitas Pengawas sehingga berkualitas dan semakin berintegritas.

“Pengawas Kecamatan yang mengkoordinir Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang merupakan ujung tombak pengawas pemilu sangat perlu meningkatkan pemahaman regulasi kepemiluan dan karakter berintegritas serta penguatan mekanisme pengawasan berdasarkan peraturan perundang-undangan secara berjenjang”, tuturnya.

Management kelembagaan pengawas harus tersistematis dan semua divisi pada Panwaslu Kecamatan menjadi tugas dan tanggung jawab masing-masing divisi namun sumbernya kolektif kolegial yang kemudian dibahas secara Pleno oleh Pimpinan, tambahnya.

Pencerahan dan penguatan kepemiluan yang dihantarkan oleh narasumber yang berkompeten terkait Demokrasi, Iccang Bro sapaan akrabnya sebagai Dewan Penasehat Forum AWAS sangat memotivasi Panwaslu Kecamatan Mangarabombang, Kec. Pattallassang, Kec. Polongbangkeng Utara, Kec. Polongbangkeng Selatan dan Kec. Galesong Selatan dengan agenda kegiatan yang terlaksana sejak tanggal 29-30 April 2023 di masing-masing Sekretariat.

Sementara Nellyati, Kordiv HP2H Bawaslu Takalar meyakini melalui kegiatan ini dengan kehadiran stakeholder Bawaslu Takalar yakni Dewan Penasehat Forum AWAS dalam memberikan motivasi dan peningkatan pemahaman kepemiluan menjadi spirit bagi Panwaslu Kecamatan dan PKD, serta kerjasama stakeholder menjadi semakin kuat dalam pengawasan kepemiluan.