Semarak HUT PPNI: DPD PPNI Kabupaten Bulukumba Gelar Beberapa Kegiatan

77

SULSELBERITA.COM. Bulukumba – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bulukumba menggelar 4 kegiatan selama 2 hari yang dilaksanakan di Kampus Stikes Panrita Husada Bulukumba dan Pantai Merpati, mulai tanggal 18 hingga 19 Maret 2023.

Kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati HUT PPNI ke 49 tahun 2023, dengan mengusung tema “Gapai Sejahtera dengan Profesionalisme”. Tema yang diusung pada tahun ini merupakan doa untuk seluruh perawat di Indonesia agar menggapai kesejahteraan dengan tetap profesional dalam memberi asuhan keperawatan.

Advertisement

Hari pertama diadakan lomba paduan suara dan cerdas cermat antar Dewan Pengurus Komisariat (DPK) se-Kabupaten Bulukumba yang dipusatkan di Aula Kampus Stikes Panrita Husada Bulukumba.

Setiap DPK mengirim utusan 1 grup paduan suara dan 1 grup yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahar setiap DPK. “Kemudian untuk paduan suara, setiap group diwajibkan menyanyikan lagu Mars PPNI dan serta satu lagu bebas”. Ujar Salah Seorang Panitia

Dihari pertama kegiatan nampak antusiasme dari berbagai pengurus dan anggota DPK yang hadir memadati tempat perlombaan untuk mendukung jagoan mereka masing-masing.

Ketua pelaksana HUT PPNI ke-49 Ns. Masnah, S.Kep mengungkapkan, pengurus PPNI Kabupaten Bulukumba menggelar sejumlah kegiatan guna memperkuat tali silaturahmi antar anggota dan keluarga PPNI serta meningkatkan kecintaan terhadap organisasi profesi.

Puncak acara kegiatan HUT PPNI di Bulukumba dilaksanakan 19 maret dengan agenda kegiatan jalan sehat dan senam bersama. Acara jalan sehat dimulai pada pukul 07:00 di Pantai Merpati Bulukumba dan dilepas langsung oleh ibu kepala dinas kesehatan Kabupaten Bulukumba didampingi ketua dan wakil ketua DPRD Kab. Bulukumba, diikuti oleh ratusan perawat dari berbagai tempat pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Para peserta mengenakan kaos berwarna kuning dengan logo HUT PPNI ke-49 turut menambah semarak acara.

Setelah selesai jalan bersama, para peserta kemudian berkumpul diarea yang telah disediakan panitia. Disana, peserta melakukan kegiatan menarik lainnya seperti senam bersama, makan menu sehat, serta pembagian dooprize.

Ketua umum DPD PPNI Ns. Abdul Jalil dalam sambutan menyampaikan pada HUT ke-49 ini dengan tema “Gapai Sejahtera Dengan Profesionalisme”. Tema ini bukanlah sesuatu yang tiba-tiba muncul ditengah kita, tetapi sebagai petunjuk dan hidayah serta bimbingan dari Allah SWT. Sehingga tema di tahun ini akan mengangkat kesejateraan dari saudara-saudaraku dan teman sejawat semuanya, ungkapnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan, mari kita cintai profesi kita dengan tulus di atas kelemahan dan kekurangannya yang terus akan kita benahi. Olehnya itu, pada kesempatan ini saya berharap semoga teman-teman tetap solid dan bersatu sehingga harapan dan titipan dari pemerintah untuk kita tetap membersamai masyarakat kita untuk meningkatkan derajat kesehatannya dengan baik.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Hj. Umrah Asnawi mengatakan, dari data jumlah tenaga profesi yang ada di Bulukumba, perawat merupakan organisasi profesi dengan anggota terbanyak. Perawat bisa dikatakan sebagai salah satu garda terdepan di dunia kesehatan, karena para perawatlah yang pertama kali berhadapan dengan pasien. Olehnya itu, tepat sekali tema yang diusung tahun ini karena teman-teman sekalian di tuntut untuk lebih profesional ditengah banyaknya tuntutan pasien untuk tetap bekerja profesionalismenya. Ungkapnya

Kegiatan jalan sehat dan senam bersama ini juga di hadiri beberapa tamu undangan diantaranya ketua DPRD kabupaten Bulukumba H. Rijal, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bulukumba H. Patudangi Aziz serta beberapa perwakilan sponsor yang sempat hadir.