Sinergitas dan Optimalisasi Pengurus K3L dalam Pembahasan Program Kerja 2023

74

SULSELBERITA.COM. Makassar – Penyelenggaraan pembangunan yang dilaksanakan selama ini telah menunjukan hasil yang signifikan di berbagai sektor. Demikian pula dengan Sulawesi Selatan telah menunjukkan prestasi yang menggembirakan dan bahwasanya pembangunan infrastruktur menjadi fokus pemerintahan saat ini. Pembangunan masif telah dilakukan untuk meningkatkan daya saing nasional di tingkat regional dan global. Capaian tersebut tentu harus terus ditingkatkan agar kesejahteraan masyarakat, khususnya di Sulawesi Selatan juga semakin meningkat.

Asosiasi Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) dan Lingkungan yang di singkat AK3L merupakan salah satu substansi yang dipastikan dapat menjadi sarana dalam rangka optimalisasi kemajuan K3L.

K3L tidak semata menyangkut upaya perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang laing serta sumber-sumber produksi. Melalui penguasaan terhadap substansi K3 dipastikan akan mendorong peningkatan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM), daya saing produk, dan daya saing investasi terutama di dunia Konstruksi.

Nurul Afiah , SH, MPd sebagai Ketua DPD AK3L Sulsel, menyampaikan bahwa kami berharap dalam pembahasan  program kerja AK3L Sul Sel tahun 2023 yaitu salah satunya adalah program pelatihan dan sertifikasi Kompetensi , dimana kami telah mejadi  LSP dan memiliki  Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan beberapa Assesor.

“Kami memilki target untuk dapat mencetak asesi sebanyak 100 orang dalam tahun ini”.

Jasa Konstruksi merupakan salah satu sektor yang sangat strategis, dan mampu menghidupkan denyut nadi sekaligus mendukung pemulihan perekonomian nasional di masa pandemi ini.

Lebih lanjut Bang Yogi sapaan akrabnya yang juga sebagai pendiri YLBH Cinta Keadilan Indonesia Makassar dan Sebagai Lawyer menambahkan bahwa Kami berharap semua Stakeholder dapat bersinergy secara  “PROAKTIF” untuk membudayakan K3 di semua aspek termasuk keselamatan Kontruksi.

Penyiapan tenaga Kerja yang kompetensi harus segera kita untuk menyesuaikan dengan aturan dan permintaan pekerja dalam dunia konstruksi.  Sinergitas dengan Pemerintah sangat penting nantinya dalam legal comply dan pembinaan dalam pelaksanaan K3 yang baik mewakili harapan masyarakat Indonesia, tutupnya.