Lilis Nirmansyah, Siswa SMA 8 Bone Raih Prestasi Nasional

165

SULSELBERITA.COM. BONE -;Siswa SMA Negeri 8 Bone kembali mengukir prestasi, kali ini prestasi tingkat Nasional dipersembahkan oleh Lilis Nirmansyah, siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 8 Bone yang berhasil meraih dua medali emas, satu perak dan dua perunggu pada ajang Kompetisi Olimpiade Tingkat Nasional.

Medali emas dengan predikat A+ diraih Lilis Nirmansyah pada Pekan Olimpiade Sains Nasional (POSN) 2023 yang digelar  Yapresindo (Pusat Prestasi dan Pendidikan Indonesia), pada 8 Januari 2023 dengan mata pelajaran Sosiologi.

Advertisement

Pada 29 Januari 2023 Lilis kembali meraih medali emas dengan predikat A+ pada ajang Olimpiade Nasional Sains dan Bahasa (ONSB) 2023 yang digelar oleh Braindicator Indonesia dengan mata pelajaran Sosiologi.

Lilis Nirmansyah yang aktif dalam Ekskul Pramuka dan Jurnalistik ini juga berhasil meraih medali perak dan dua medali perunggu.

Medali perak dengan predikat A diraih pada Olimpiade Nasional Matematika, Ilmu Pengetahuan dan Bahasa (ONMIPASA) 2023 yang digelar oleh PRESTIGE (Presentasi Indonesia Gemilang) 22 Januari 2023 dengan mata pelajaran PKn.

Sementara dua medali perunggu dengan predikat B+ diraih Lilis pada ajang  Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSAN) yang digelar PRESMANESIA (Prestasi Maju Indonesia), 12 Februari 2023 dengan mata pelajaran PKn dan Bahasa Inggris.

Atas prestasi ini Lilis mengaku sangat senang dan tidak menyangka dirinya dapat menjuarai sejumlah kompetisi tingkat Nasional ini.

“Senang dan tentunya tidak menyangka karena yang mengikuti lomba ini banyak, yang berasal dari berbagai sekolah tingkat SMA di Indonesia,’ ungkapnya.

Sementara itu Kepala UPT SMA Negeri 8 Bone Dra. Andi Sukmawati Andi Zubaer, M.Si saat penyerahan medali dan piagam penghargaan, Senin (20/2/2023) menyampaikan apresiasi yang diraih oleh siswanya ini. Ia berharap prestasi ini bisa menjadi contoh bagi siswa yang lain

Ketika ditanya apa yang memotivasi dalam mengikuti lomba-lomba tersebut, Lilis membeberkan sejumlah alasannya, salah satunya karena kemauan yang kuat untuk mencoba.

“Yang pertama karna adanya kemauan untuk mencoba, terus saya juga terinspirasi dari teman-teman saya di sekolah yang mendapatkan prestasi dan juga saya terinspirasi dari salah satu influencer yang ada di Indonesia yaitu Jerome Polin yang pada saat dia sekolah sering mengikuti lomba-lomba,” ungkapnya.

Selain karena kemauan sendiri untuk mengikuti lomba, Lilis mengaku juga mendapatkan dukungan dari keluarga khususnya kedua orang tua dan saudaranya, juga dukungan dari beberapa guru yang ada di SMA Negeri 8 Bone.

“Pesan saya, jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu hal karena dengan rasa takut kita tidak bisa memulai hal apapun itu. Dan jangan pernah takut akan kegagalan karna dari kegagalan itu kita bisa belajar untuk lebih baik  kedepannya dan dengan kegagalan itu menjadi awal  kesuksesan kita. Dan tidak semua apa yang kita inginkan bisa kita capai. Apa yang kita inginkan perlu disertai dengan usaha dan doa,” pesannya.

Lilis berharap semoga kedepannya banyak  siswa/siswi di SMAN 8 BONE bisa membawa nama baik sekolah dengan prestasi-prestasi yang  membanggakan.