ITP Takalar Kolaborasi Kembangkan Polikultur Pada Tambak Tidur

200

SULSELBERITA.COM. Takalar – Institut Teknologi Pertanian (ITP) yang terletak di Kabupaten Takalar telah sukses membangun kolaborasi bersama pemerintah daerah, ITP dan pemerintah desa pun telah melakukan memanfaatkan tambak “tidur” menjadi tambak produktif.

Salah satu tambak tidur yang berlokasi di desa Bontokanang Galesong Selatan, telah melakukan kerjasama dengan ITP adalah tambak yang telah disewa kurang lebih setahun oleh kepala Desa Bontokanang, Wawan, diarea tersebut telah dikembangkan sistem polikultur bandeng, udang vaname dan rumput laut jenis Glacilaria.

“Alhamdulillah pada uji coba pemanfaatan tambak tidur model kolaboratif ini,  kami telah panen udang vaname, dan sedang menunggu panen bandeng. Kami berterima kasih pada ITP dan dinas perikanan Takalar yang membimbing kami. Rencananya kita akan mengundang Pj Bupati Takalar saat panen bandeng ” Tutur Wawan,  Rabu sore, 1 Januari 2023

Wakil Rektor Bidang Kerjasama ITP, Dr. Nirwan yang juga hadir dilokasi menyampaikan jika Kerjasama ITP dengan dinas perikanan Takalar sebagai penyedia bibit dan penyuluh telah dilakukan. Sementara, Ungkapnya Pemerintah desa Bontokanang sebagai penyedia lahan diharapkan dapat menjadi model kolaborasi yang berkelanjutan, dan dapat ditiru oleh para petambak.

“ITP akan mengembangkan kerjasama dengan  beberapa pemerintah desa pada pemanfaatan sumberdaya yang ada di desa, seperti yang telah dilaksanakan di desa Bontokanang ini. Peninjauan kami ke tambak sore ini, sekaligus menjajaki MoU untuk melakukan riset potensi dan peningkatan produksi desa” Ucap manta sekda Takalar itu

Pada Kegiatan penijauan tambak tersebut turut hadir pendiri ITP, Syamsari Kitta dan beberapa Kepala desa . Terlihat suasana diskusi hangat atara pihak pengelola ITP dengan bebera kepala Desa sambil sesekali melepas tawwa. Saat ini kampus Institute Teknologi Pertanian telah memiliki 500 orang mahasiswa dan beberapa diataranya adalah kepala desa di Takalar.