Pemkab Takalar dapat Kucuran Dana 1,6 M dari Pemprov Sulsel untuk Penanganan Bencana

56

SULSELBERITA.COM. Takalar – Prokopim (Sabtu, 31/12/2022). Bantuan penanganan bencana alam dikabupaten Takalar mendapat porsi yang cukup besar dari Pemprov Sulsel.

Total Rp 1,6 Miliar dikucurkan Gubernur Sulsel untuk membantu warga terdampak bencana di kabupaten Takalar.

Advertisement

Penjabat Bupati Dr. Setiawan Aswad menjelaskan, bantuan dari Pemprov tersebut akan digunakan untuk membantu warga yang rumahnya rusak berat akibat dampak angin puting beliung, abrasi dan banjir rob.

“Dari sekian banyak kabupaten yang terdampak, Takalar yang mendapatkan porsi paling besar untuk bantuan bencana ini, selain karena bencana yang menimpa kita agak berbeda dan parah dari daerah lainnya, juga ini bentuk perhatian yang besar bapak Gubernur kepada warga Takalar,” jelas Dr. Setiawan Aswad.

Saat ini, lanjut Pj Bupati Takalar menjelaskan bahwa Dinas PUPR sementara mengidentifikasi rumah-rumah warga yang rusak dari yang sedang hingga rusak berat untuk diberikan bantuan perbaikan rumah.

Adapun penanganan infrastruktur yang rusak akibat bencana khususnya abrasi akan dilakukan penanganan pasca bencana.

“Kita sudah membuat laporan dan permintaan bantuan untuk perbaikan infrastruktur baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi,” Tambahnya

Untuk diketahui, Saat ini beberapa titik abrasi dalam proses pengerjaan tanggul penahan ombak dan abrasi. Adapun titik abrasi yang belum tercover akan dibuatkan tanggul darurat dari batu gajah menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT).

Dusun Saro, Desa Kanaeng, Kecamatan Galesong Selatan sepanjang 291 meter, dan Desa Mappakalompo, Kecamatan Galesong sepanjang 280 meter merupakan dua dari sejumlah titik tanggul penahan abrasi yang saat ini dibangun pemerintah.

Bantuan darurat berupa logistik makanan dan terpal juga telah diberikan Pemkab Takalar kepada warga terdampak bencana yang disertai dengan pemeriksaan kesehatan warga dari Dinas Kesehatan Takalar.