Wartawan Olahraga dan Forum Cabor Sulsel Akan Gelar Dialog Terbuka Bertema, Carut Marut Pengelolaan Olahraga di Sulsel

21
Advertisement

SULSELBERITA.COM. Makassar, — Menutup tahun 2023 komunitas wartawan olahraga yang tergabung dalam Forum Bersama (Forbes) Wartawan Olahraga Makassar bekerja sama Forum Cabang Olahraga Sulsel akan menggelar dialog terbuka bertema ‘Carut Marut Pengelolaan Olahraga di Sulsel’.

Dialog akan dilaksanakan di Cafe Ombak, Jalan Ujungpandang No. 6 Makassar pukul 13.30 WITA, Senin (26/12/2022).

Ketua Forbes Wartawan Olahraga Makassar Sri Syahril menjelaskan dialog ini akan membahas masa depan prestasi dan minimnya sarana dan prasarana olahraga di Sulsel.

Advertisement

‘’Diskusi ini sangat penting. Apalagi jelang menghadapi babak kwalifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023. ’Kita ingin mengetahui apa strategi dan solusi pengurus cabor. Yang terpenting juga adalah KONI Sulsel. Apa program andalan mereka. Juga solusi dalam rangka menghadapi Pra PON 2023 di tengah keterbatasan anggaran,” jelas Sri.

Baca Juga  Kunjungi Embung Giriroto, Mentan Pastikan Ketersediaan Air Cukup dan Bermanfaat

Apalagi, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Sulsel memberi target tinggi kepada pengutus cabor di Sulsel untuk meraih lima besar pada PON Aceh-Sumut 2024. Sementara di sisi lain anggaran yang disiapkan sangat terbatas.

‘’Kalau strategi dan solusi tidak jelas dan tidak didukung dengan anggaran yang memadai, target lima besar sangat tidak masuk akal. Ini mision imposible. Apalagi anggaran yang dialokasikan tahun anggaran 2023 hanya Rp 5 miliar,” ungkap lelaki yang sudah 32 tahun menjadi wartawan ini.

Menurutnya, meraih prestasi olahraga itu tidak semudah mengucapkan kata-kata. Juga tak semudah membalik telapak tangan.

‘’Harus didukung dengan sarana dan prasarana serta anggaran yang memadai. Ngurus olahraga itu juga bukan untuk gagah-gagahan. Apalagi ngurus KONI seperti di Sulsel. Harus dijauhkan dari hal-hal yang berbau politik. Sebab ini bukan lembaga untuk mencari popularitas demi meraup suara pada kontestasi politik. Dibutuhkan keseriusan dan komitmen besar. Juga rela berkorban, finansial dan waktu. Kadang juga harus korban perasaan,’’ katanya.

Baca Juga  Bupati Takalar Bersama Warga Laikang Tanam 500 Bibit Pohon Jati dan Mahoni

Pada dialog ini panitia mengundang sejumlah tokoh sebagai pembicara. Di antaranya Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Andi Ilhamsah Matalatta, Ketua Koni Sulsel, Ketua Komisi E DPRD Sulsel dan pihak akademisi dari Universitas Negeri Makassar (UNM).

“Kami berharap dari diskusi ini akan ada komitmen bersama dan solusi terbaik demi meraih prestasi sesuai target yang diharapkan oleh Gibernur Sulsel pada PON XXI 2024 Aceh-Sumut,” katanya.

Dialog ini terbuka untuk umum dan dapat diikuti semua pihak yang peduli dengan kemajuan olahraga Sulsel.(**)

BAGIKAN