DPD LIRA Konawe Bidik Dugaan Tindak Pidana korupsi? Kades Silea

160

KONAWE – Agus Marwan selaku wasekda DPD LIRA KONAWE dalam keterangan persnya kepada wartawan membeberkan adanya indikasi dugaan korupsi t terkait dengan BLT Dana Desa (DD) desa Silea. sebesar 40% Dengan Total Anggaran  Rp.194.400.000 berdesarkan Pagu APBDes Tahun 2022. selasa (20/12/22)

Agus marwan (wasekda lira konawe)

Namun Faktanya, realisasi penerima keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 54 KK dengan Total Anggaran Rp.145.800.000 selama 12 bulan Sehingga terjadi Selisih Anggaran Sebesar Rp.48.600.000 dimana sisa anggaran tersebut di kembalikan ke rekening desa untuk di pergunakan berdasarkam aturan Permendes No.7 Tahun 2022, Melalui Musdes Khusus sebagai syarat untuk mencairkan sisa Anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Namun, Itu tidak di lakukan hal itu diperkuat berdasarkan konfirmasi kesalah satu Masyarakat Desa Silea. beber Agus Marwan.

Advertisement

Selain Itu Juga kata wakil sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) ini, ada beberapa Program yang tidak sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) serta spesifikasinya yang di usulkan Ketahanan Pangan 20% pada Musdes yang di lakukan itu bantuan Perikanan dengan total Pagu APBDes Rp.134.272.000 Terjadi Mark Up Harga

Kemudian, terjadi Indikasi permainan Laporan Pertanggugn Jawaban (LPJ) karena tidak adanya sertifikasi Pendamping serta berita acara serah terima Pengadaan oleh Masyarakat yang di saksikan oleh pendamping,ujarnya.

Selain Itu terjadi Mark Up Harga pada desain dan Rencan Anggaran Biaya (RAB) pada pekerjaan fisik yaitu Rehabilitasi Jalan Dusun serta  diduga dikerjakan secara Asal-asalan,tukasnya.

Oleh karena itu, DPD LIRA KONAWE Meminta dengan Tegas Pihak Aparat Penegak Hukum (APH) agar memanggil dan memeriksa Kades Silea (Bislan) untuk mempertanggung jawabkan hal tersebut, harapnya.

Lebih lanjut, Agus Marwan menegaskan jika dalam waktu dekat pihaknya akan segera melaporkan dugaan tindak pidana tersebut ke pihak APH. tegas wasekda DPD LIRA KONAWE ini.

Sementara itu, Kades Silea belum bisa dikonfirmasi, meski demikian demi kebutuhan pemberitaan. pihak media ini tetap memberikan hak jawab dan akan berusaha melakukan konfirmasi.

 

(hnr/red/wan)