SMA Negeri 3 Medan Laksanakan Upacara Dan Pemotongan Nasi Tumpeng Syukuran Hari Guru Nasional

19
Advertisement

SULSELBERITA.COM.┬áMedan – SMA Negeri 3 Medan melaksanakan upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan syukuran pemotongan nasi tumpeng, di lapangan sekolah tersebut, Jumat (25/11/2022).

Upacara Peringatan Hari Guru Tahun 2022 SMA Negeri 3 itu, dipimpin oleh Kepala Sekolah Mukhlis S.Pd, M.Si yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dan diikuti seluruh guru dan siswa, dengan bertemakan, “‘Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Mukhlis S.Pd, M.Si dalam upacara itu juga membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, yang berpesan agar terus berinovasi sehingga program Merdeka Belajar terwujud di penjuru Nusantara.

Advertisement

“Tiga tahun yang lalu, kita melepas jangkar dan membentangkan layar kapal besar bernama Merdeka Belajar. Ribuan pulau dari Sabang hingga Merauke sudah kita lewati, laut dengan ombak tinggi dan angin kencang sudah kita hadapi,” katanya.

Baca Juga  Guna Jalin Komunikasi yang Baik, Bhabinkamtibmas Desa Patani Sambangi dan Silaturahmi Dengan Warganya

Ketangguhan, lanjutnya, didorong oleh kemauan untuk berubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Hal ini juga didorong oleh semangat untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan.

“Mungkin di antara kita sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan. Memang, pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman. Jika masih nyaman, itu artinya kita tidak berubah,” pesan menteri melalui Kepala SMAN 3 Medan Mukhlis.

Salah satu platform Merdeka Belajar yang diluncurkan untuk guru adalah Merdeka Mengajar yang kini sudah diunduh 1,6 juta guru pengguna. Program lain adalah Guru Penggerak, yang mengutamakan murid dalam setiap keputusannya. Guru Penggerak ini sudah merangkul dan menggerakkan 50 ribu guru yang jadi motor belajar mengajar di sekolah.

Baca Juga  Pengangkutan Sampah Medis, Dinkes Takalar MOU Dengan PT.Mitra Hijau

Usai melaksanakan upacara, para guru dan siswa siswi SMA Negeri 3 Medan juga mengadakan acara Syukuran Peringatan Hari Guru Nasional dengan pemotongan nasi tumpeng.

Terlihat Ketua OSIS SMA Negeri 3 Medan Dafa Abiyyu bersama Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) M Hirzi Mawarid, Wakil Ketua OSIS Muhammad Fais Ilham dan Wakil Ketua MPK Willy menerima pemotongan tumpeng dan menyulangkannya kepada Kepala Sekolah Mukhlis S.Pd, M.Si, disusul penyulangan tumpeng serupa kepada salah seorang guru yang akan memasuki masa purna bakti sebagai tanda rasa terimakasih atas dedikasinya selama ini dalam memberikan ilmu pendidikan.

Sementara, seusai gelaran upacara dan syukuran itu, Dafa Abiyyu yang merupakan alumni SMP Negeri 7 Medan ini beserta teman teman sekelasnya di Kelas XI Mia 2 SMA Negeri 3 Medan juga mengambil kesempatan momen spesial peringatan Hari Guru tersebut dengan melakukan pemotongan nasi tumpeng lainnya di ruang kelasnya buat Wali Kelasnya Dessy Christina Sianturi S.Pd, M.Si, hal itu sebagai tanda rasa cinta dan terimakasih mereka terhadap walikelas yang selama ini telah banyak mendidik dan membimbing.(red)

BAGIKAN