Satgassus Mabes Polri Pantau Distribusi Pupuk Subsidi Sumatera Utara

16

SULSELBERITA.COM. SUMATERA UTARA-Tim Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri yang dipimpin oleh Hotman Tambunan bersama sama dengan Yulia Anastasia Fuada, Yudi Purnomo Harahap dan Andi Rachman melakukan pemantauan terhadap distribusi Pupuk Subsidi di Sumatera Utara agar tepat sasaran.

Hotman Tambunan selaku ketua tim menyampaikan kegiatan dilakukan yaitu melakukan pertemuan dengan Kapolda Sumatera Utara beserta jajarannya dan juga langsung melakukan pemantauan terhadap salah satu kios pupuk di Deliserdang.

Dalam pertemuan dengan Kapolda Sumatera Utara, Hotman Tambunan menyampaikan peran strategis kepolisian dalam mengawasi distribusi pupuk subsidi agar tata kelolanya benar dan tidak terjadi penyelewengan.

Apalagi Kasatreskrim masing masing wilayah merupakan anggota Komite Pengawasan Pupuk dan (KP3) Pestisida kabupaten/kota sehingga dgn peran proaktifnya akan memperkuat KP3 dlm mengawasi peredaran pupuk bersubsidi di masing masing wilayah agar tidak diselewengkan mulai dari produsen, distributor hingga ke kios kios hingga benar benar sampai pada tangan petani.

Baca Juga  BPD Laikang dan Pemerintah Desa Laikang Melaksanakan Musyawarah Desa Revisi Perdes Tahun 2022

KP3 juga wajib mengecek ketersediaan pupuk bersubsidi agar petani yg berhak mudah mendapatkan pupuk bersubsidi ketika membutuhkan dalam mengerjakan lahan pertaniannya. Hotman menambahkan jika diperlukan KP3 juga dapat melakukan tindakan terhadap penyelewengan terhadap pupuk subsidi.

Kapolda Sumatera Utara, Irjenpol Panca menyampaikan bahwa Polda Sumatera Utara sangat peduli dan perhatian terhadap ketepatan distribusi Pupuk Subsidi di Sumatera Utara dan memberikan masukan masukan positif kepada tim satgassus terkait bagaimana tata kelola pupuk subsidi yang baik.

Yudi Purnomo Harahap yang dikenal sebagai mantan penyidik senior dan ketua wadah pegawai KPK menyampaikan bahwa sebelumnya pada hari kamis, Tim mabes Polri dengan didampingi oleh polres deliserdang melaksanakan pertemuan dengan Sekda Deliserdang selaku ketua KP3 Deliserdang dan meminta agar KP3 Deliserdang melaksanakan tugasnya dalam mengawasi peredaran pupuk dan segera menguji kualitas pupuk yang ada di Deliserdang untuk mengetahui kualitas pupuk subsidi yang beredar di Deliserdang karena merupakan tugas dan kewenangannya.

Baca Juga  TONGGAK EKONOMI NEGARA, Kadin Indonesia Fokus Serta Berikan Perhatian Yang Besar Kepada UMKM

Setelah kegiatan koordinasi, Tim
KP3 Deliserdang dengan didampingi Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri kemudian mendatangi salah satu kios pupuk subsidi di Deliserdang untuk mengecek ketersediaan pupuk subsidi sekaligus KP3 melaksanakan tugas dan wewenangnya untuk mengambil sampel terkait kualitas mutu pupuk subsidi yang beredar di Lampung Selatan untuk nantinya akan diuji di Laboratorium Balit Tanah Kementan RI.

Adapun ahli dari Kementan RI yang mengambil sampel adalah Ibrahim Adamy.

Dari kunjungan ke kios Tim juga menemukan bahwa tempat penyimpanan pupuk bersubsidi belum sesuai standard yg bisa merusak kualitas pupuk bersubsidi sehingga meminta kepada perwakilan PT Pupuk Indonesia yang hadir segera memperbaikinya sekaligus mengecek kios yang lain agar tempat penyimpanan sesuai standard.

Yudi menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan penugasan langsung dari Kapolri karena beliau ingin agar pupuk subdisi tepat sasaran untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Kegiatan ini secara bersamaan juga dilakukan secara paralel di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Kediri Jawa Timur

Baca Juga  Prodi PGMI FTK Laksanakan Pengabdian Masyarakat di MI Al-Abrar dan MI Bahrul Ulum dengan Memperkenalkan Media Pembelajaran Tematik Pop up Book

Yudi menambahkan bahwa
Satgassus Mabes Polri berharap bahwa KP3 di kabupaten/Kota/provinsi di tempat lain juga melakukan hal yang sama yaitu mengecek ketersediaan pupuk, peredaran pupuk hingga uji kualitas pupuk subsidi sehingga pupuk subsidi sesuai yang dibutuhkan petani dan tepat sasaran.

BAGIKAN