Jalan Lintas Kabupaten di Enrekang Rusak Parah, Bupati Diduga Melakukan Pembiaran

43

SULSELBERITA.COM – Jalan lintas kabupaten tepatnya di Dusun Langga Tallu, Desa Karrang, Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang sangat membahayakan pengendara. Bayangkan saja, lebih setengah dari badan jalan telah longsor sehingga kenderaan roda empat tidak lagi melewati badan jalan saat melintas di jalur tersebut.

Juru bicara Aliansi Masyarakat Massenrempulu (AMPU), Ridwan menyayangkan kinerja Bupati Enrekang yang tidak mampu melakukan kordinasi perbaikan jalan lintas Kabupaten di daerahnya.

“Jalan lintas kabupaten itu memang wewenang pemerintah Provinsi. Tetapi ini membuktikan tidak mampunya sang Bupati Enrekang berkomunikasi atau melakukan kordinasi ke pemerintah Provinsi bahkan ke pemerintah pusat. Boleh jadi kita menduga Bupati Enrekang melakukan pembiaran atau tak mau pusing adanya jalan lintas Kabupaten di daerahnya rusak parah,” ujar, Ridwan, Rabu 19 Oktober 2022.

Baca Juga  Kapolsek Tinggimoncong Hadir dalam Syukuran HUT Polwan ke-72

Bahkan akibat longsor yang terjadi setelah curah hujan tinggi beberapa pekan terakhir, membuat tiang listrik yang berada di sekitar jalan longsor juga hampir roboh. Beruntung, tiang listrik tersebut agak kecil sehingga hanya miring ke arah jalan setelah penyangga fondasi mengalami pergeseran.

Sebelumnya, Idris (35) salah satu warga setempat yang ditemui Senin (17/10/2022) menyampaikan jika curah hujan yang tinggi mengakibatkan kerusakan jalan semakin parah.

Sebelum musim hujan ungkapnya, jalan tersebut telah bergelembung. “Pas hujan deras beberapa minggu ini, justru badan jalan bergeser ke arah sungai,” kata Idris.

Akibat kondisi jalan yang rusak parah lanjut dia lagi, rawan kecelakaan apalagi bagi pengguna jalan yang baru pertama kali melintas di Cendana.

“Sebelum rusak parah, tempat ini biasa ada kecelakaan.  Apalagi sekarang justru sangat rawan karena tinggal sedikit badan jalan yang tersisa,” jelasnya. (*)

BAGIKAN