Mahasiswa BK UNM Peduli Dukungan Kesehatan Mental dan Dukungan Psikososial pada Situasi Darurat Bencana

30
Advertisement

SULSELBERITA.COM. Makassar – Universitas Negeri Makassar melalui program mata kuliah Kesehatan Mental dan Psikososial kolaborasi dosen pengampu jurusan Bimbingan dan Konseling Dr. Farida Aryani, M.Pd bersama Praktisi dari Yayasan Bakti (Andi Nurlela, S.Sos., M.Si) dan Save the children (Ihwana Mustafa, S.Pd). Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan sejak 29 September 2022 hingga 12 Oktober 2022 secara virtual zoom meeting bersama Mahasiswa Bimbingan dan Konseling semester 3/ angkatan 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan melatih mahasiswa BK terhadap pentingnya dukungan kesehatan mental dan dukungan psikososial terhadap situasi darurat dimanapun terkhusus situasi bencana.

Kegiatan ini diuraikan kedalam beberapa pertemuan diantaranya (1) etika berinteraksi dengan anak; (2) Situasi tanggap darurat bencana dan kaitannya dengan kesehatan mental; (3) Dukungan psikososial dan psikoedukasi bagi penyintas bencana; (4) Menjadi relawan anak: teknik dan strategi menjadi relawan.

Baca Juga  Aksinya Terekam Cctv,Pelaku Pencurian Sepeda Motor Yang Masih Di Bawah Umur Diamankan Polres Gorontalo Kota
Advertisement

“Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami kesehatan mental dan membekali mahasiswa menjadi relawan Ketika menghadapi situasi darurat”, sebut Dr. Farida Aryani, M.Pd sebagai dosen pengampuh Universitas Negeri Makassar.

Antusias mahasiswa selama pelaksanaan program mata kuliah ini sangat tinggi mengingat materi dan metode yang diterapkan menarik bagi mahasiswa.

Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman baru dan menerapkan secara replikatif di kehidupan sehari-hari, dan diharapkan bahwa kegiatan ini dapat terus mendukung upaya-upaya yang dilakukan untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan mental dan psikososial.

*-Sumber : Dr. Farida Aryani, M.Pd.*

*-Sumber : Dr. Farida Aryani, M.Pd.*

BAGIKAN