Bentuk Jiwa Jurnalistik Sejak Dini, 10 Siswa UPT SMPN 1 Duampanua Pinrang Ikuti PEJUANG

126
Foto 10 siswa yang tergabung pada Ekskul Jurnalistik UPT SMPN 1 Duampanua yang dibina dan didampingi langsung oleh Handiswan, S.Pd., M.Pd.

SULSELBERITA.COM. Pinrang, -- Kemampuan mengolah informasi sangat penting untuk menghindari dampak negatif dari perkembangan IT (Information and Technology). Dimana generasi muda kini dituntut untuk dapat menguasai ilmu IT agar dapat bersaing di era canggih seperti sekarang. Hal hal ini yang melatarbelakangi ICT SMKN 2 Pinrang di usianya yang ke 4 tahun melaksanakan PEJUANG "Pelatihan Jurnalistik Pinrang," Senin, 03 Obtober 2022.

Kegiatan yang berlokasi di Edohotel SMKN 2 Pinrang diikuti oleh 10 SMP se-kabupaten Pinrang yang terdiri dari 57 peserta.

Sementara UPT SMPN 1 Duampanua mengutus dengan jumlah peserta terbanyak yaitu 10 orang siswa.
Mereka adalah: Muhammad Rezky, Jumriah, Abdillah Al-Ghony Yusuf, Resky Nur Asyfah, Muh. Firmansyah, Isalla Abustam, Askar Kaharuddin, Faqih Hafusa, Muh. Rifki Al-Farizi, dan Khairil Gunawan. Sebelumnya, 10 siswa tersebut telah tergabung pada Ekskul Jurnalistik UPT SMPN 1 Duampanua yang dibina dan didampingi langsung oleh Handiswan, S.Pd., M.Pd.

Baca Juga  Upaya Koordinasi Theo Adrianus Buahkan Hasil, Rutan I Medan Kini Miliki Alat Praktek Gigi Canggih

Adapun kegiatan pelatihan dibagi menjadi 3 kelas berdasarkan bidangnya yaitu: penulis berita, teknik fotografi dan videografi, serta reporter dan presenter. Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan kegiatan praktik langsung dan setiap kelas berkolaborasi untuk menghasilkan salah satu video pengenalan sekolah.

Foto 10 siswa yang tergabung pada Ekskul Jurnalistik UPT SMPN 1 Duampanua yang dibina dan didampingi langsung oleh Handiswan, S.Pd., M.Pd.

Setiap peserta terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik karena sangat menarik untuk mereka. Selain bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman juga berkesempatan berkenalan dengan siswa sekolah lain.

Muh. Rifky Alfarizi yang merupakan salah satu peserta mengatakan sangat menyesal jika tidak mengikuti kegiatan ini.

“Saya akan sangat menyesal jika tidak mengikuti kegiatan ini karena saya betul-betul mendapatkan banyak sekali ilmu tentang dasar-dasar kepenulisan yang baik." Ungkapnya.

“Sementara di tempat yang sama, Muhammad Rezky yang merupakan Ketua Redaksi di Ekskul Jurnalistik UPT SMPN 1 Duampanua, Pinrang memuji kegiatan pelatihan Jurnalistik ini.

Baca Juga  Dugaan Korupsi Anggaran Dana Covid 19, GMPK Sultra mendesak APH Kejati Sultra dan Polda Sultra Segera Periksa Kadis Kesehatan Dan Dirut Blud Rs Konawe

"Sungguh keren sekali pelatihan jurnalistik yang saya ikuti, karena bisa menambah ilmu saya terkhususnya di bidang videografi dan menjadi seorang reporter berita,” ungkapnya memuji.

Handiswan S.Pd., M.Pd. selaku pendamping mengatakan bahwa kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi perkembangan kemampuan siswa

"Diharapkan setelah berada di sekolah nantinya siswa dapat memanfaatkan ilmu yang didapatkan untuk melakukan dokumentasi dan mempublikasikan segala kegiatan sekolah," jelas Handiswan

BAGIKAN