KKNT-PS Maros 2 Melakukan Pelatihan Pemanenan Lebah Hutan

124

SULSELBERITA.COM. Maros – Tim KKNT Perhutanan Sosial Maros 2 Universitas Hasanuddin tahun 2022 melakukan pelatihan proses pemanenan lebah hutan.

Judul program yang dilaksanakan “Strategi Pengelolaan, Pengemasan dan Pemasaran Madu Hutan untuk Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Sekitar Hutan”

Advertisement

“Desa Cenrana Baru adalah salah satu lokasi KKNT-PS yang memiliki kelompok tani lebah hutan. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan dalam proses pemanenan lebah hutan secara lestari. Dalam peningkatan pemanenan lebah hutan diharapakan juga masyarakat dapat melihat peluang terkait kondisi sekitar mengenai potensi pakan lebah karena pakan lebah merupakan hal yang paling penting dalam proses hasil lebah berupa madu. Melalui program ini akan membawa masyarakat agar lebih peduli terkait proses keberlanjutan lebah hutan” Ujar Sitti Nuraeni.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan masyarakat pada tanggal 09 Agustus 2022 secara langsung berbaur dengan kelompok tani hutan. Program KKNT-PS ini mendapat sambutan positif dari masyarakat kelompok sasaran. Hal ini disampaikan oleh bapak Nurdin selaku Kepala Dusun Tanete, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi pengetahuan serta informasi bagi kelompok tani hutan dalam proses panen lebah hutan dan semoga dapat meningkatkan perkembangan dalam pelestarian lebah hutan dan terima kasih kepada tim KKNT-PS Maros 2 yang telah memberikan pendampingan dalam proses pemanenan lebah hutan.

“Dengan demikian, kami berharap apabila kelompok tani hutan telah memiliki keterampilan dalam peningkatan proses pemanenan lebah hutan secara lestari dengan memanfaatkan potensi lingkungan sekitar, hal ini menjadi langkah awal untuk mengembangkan dalam proses pemanenan lebah hutan sehingga akan tercipta pemanenan lebah hutan yang lestari dan peduli lingkungan.