Ketua DPP Lsm Gempa Indonesia Soroti Kinerja Kepala Desa Berutallasa Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa.

186

SULSELBERITA.COM. GOWA – Ketua DPP Lsm Gempa Indonesia Amiruddin.SH Kr.Tinggi angkat bicara terkait kinerja kepala desa Berutallasa,dimana kepala belum lengkap struktur pemerintahannya antara ĺain jabatan kepada dusun,dan kantor Desa jarang terbuka disebabkan tidak proaktif kepala desa dan perangkatnya.

Hasil penelusuran Ketua DPP Lsm Gempa Indonesia bahwa kepala desa masuk kantor paling banyak 3 kali dalam satu bulan sehingga pelayanan masyarakat terabaikan.

Amiruddin SH.Kr Tinggi menilai jarangnya kepala desa masuk kantor disebabkan jarak kantor dengan tempat tinggalnya kurang lebih 10 kilometer dimana lagi akses jalan dari rumah kepala desa yang jaraknya 10 kilomete sangat memprihatinkan dan di tambah lagi kurangnya pengawasan dari atasannya sehingga seenak perut kepala desa dan aparatnya berulah.

Untuk pelayanan masyarakat desa seharusnya kepala desa tinggal dirumah jabatan kepada desa yang ada disebelah kantor desa dimana lagi kantor desa Berutallasa fasilitas kerja tidak ada seperti komputer printer dan lain lain,kantor desa memiliki jaringan wifi hanya bersumber dari swadaya masyarakat itu sendiri.

Harapan Amiruddin agar inspektorat Kabupaten Gowa seharusnya proaktif dalam melakukan pemantauan dan pengawasan dari seluruh Desa dikabupaten Gowa khususnya Desa Berutallasa agar seluruh kepala desa dan perangkatnya dapat bekerja melakukan tugasnya melayani masyarakat karena mereka kepala desa dan aparatnya menerima gaji dengan uang Negara jangan hanya menerima gaji buta saja.

Ketua DPP Lsm Gempa Indonesia menilai bahwa yang ada di pikiran kepala desa dan perangkatnya kapan dana ADD cair dan berusaha bagaimana cara kerja yang baik untuk memanipulasi laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana ADD.

Dijelaskan lagi oleh Amiruddin bahwa perangkat desa Berutallasa dalam hal ini Dusun Bungasunggu belum memiliki Kepala Dusun sementara ada hasil perekrutan Cakadus yang dilakukan oleh panitia perekrutan perangkat desa dan sudah memperoleh hasil pleno oleh Panitia dan yang lulus adalah Muh.Sirajuddin namun kepala dusun Bungasunggu dijabat oleh Kepala Desa sendiri jarak tempat tinggal kepala Desa 13 kilometer bagaimana bisa melayani masyarakat Dusun Bungasunggu dikantor Desa saja 3 kali dalam satu bulan masuk kantor dan ketua DPP Lsm Gempa Indonesia berharap kepada dinas terkait agar dapat memerintahkan kepada camat Biringbulu untuk merekomendasikan melakukan pelantikan kepala dusun yang terpilih sesuai hasil pleno panitia perekrutan perangkat desa secepatnya demi untuk menghindari temuan penyalahgunaan penggunaan dana ADD yang rawan dikorupsi dan sekaligus demi pelayanan kepentingan masyarakat Dusun Bungasunggu.

Ditambahkan lagi bahwa demi terlaksananya pemerintah desa yang bersih dan betul melaksanakan tugasnya selaku pelayanan masyarakat desa dan demi mencegah penyalahgunaan wewenang dan jabatan agar dinas terkait termasuk Inspektorat koporaktif melakukan sidak pengawasan db pemantauan keseluruh kantor kantor desa dan kantor lurah dikabupaten Gowa demi pelayanan masyarakat tutupnya.

Ketua DPP Lsm Gempa Indonesia Hp.085241416014.