Terus Berinovasi, PKBM Batu Tellue ajak warga Leppakomai berkebun.

47
Advertisement

SULSELBERITA.COM. Sinjai – Seakan tidak mau kehabisan ide dan inovasi, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Batu Tellue berhasil menyulap lahan kosong yang ada menjadi hijau dan asri karena lahan tersebut ditanami sayur-sayuran terang Sitti Khadijah ketua PKBM Batu Tellue, Jumat (18/02/22).

Dijelaskannya, bahwa pemanfaatan lahan kosong PKBM Batu Tellue sejak dari dulu kita lakukan. Seperti menanam tanaman sayur dan buah-buahan bahkan sampai pembuatan green house dan hidroponik di pekarangan PKBM. Akan tetapi pada lahan kosong yang ada sekarang kita kembali tanami tanaman sayur-sayuran yang tentunya bisa membawa manfaat bagi kita semua terkhusus warga lingkungan Leppakomai yang menjadi fokus binaan PKBM Batu Tellu.

Terlebih menyikapi adanya saran dari beberapa pihak yang meminta agar PKBM lebih menggali potensi untuk program pendidikan kecakapan hidup dengan mempertimbangkan sarana dan prasarana, lingkungan, dan sumber daya manusia PKBM.

Baca Juga  KAHMI Takalar Agendakan Kegiatan Talkshaw Peningkatan IPM

Menurut Khadijah, kegiatan ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat dimana tujuan utamanya adalah memberikan keterampilan dalam bidang pertanian kepada Warga masyarakat sekitar PKBM dan mengajak masyarakat untuk senang mengomsumsi sayur dan buah untuk memenuhi gizi tubuh kita.

Kegiatan yang diinisiasi sejak 2021 awalnya dibuat untuk Ibu-ibu yang ada di sekitar PKBM dengan jumlah anggota aktif sekitar 20 orang, akan tetapi dengan berjalannya waktu antusias warga untuk ke kebun PKBM Batu Tellue sangat luar biasa, hal ini dikarenakan di lahan tersebut pihak pengelola membuat taman baca dan sarana olahraga tenis meja untuk kalangan Anak-anak dan remaja yang dapat mengasah bakat dan menambah kemampuan literasi membaca sembari menunggu orang tua mereka yang sedang bercocok tanam.

Baca Juga  Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Ahmad Jais Bagikan Jaring Kepiting Pada Warga Pesisir Marbo

“Kami sangat senang dengan kegiatan ini, selain menyalurkan kesenangan kita bercocok tanam, juga mengurangi pengeluaran untuk beli sayur dan buah karena kapan saja kita bisa petik hasil yang telag kita tanam bersama, di sisi lain anak-anak kita juga menjadi lebih giat membaca dengan adanya taman baca di lahan PKBM”, Ujar Nisba.

Insya Allah kedepannya Sitti Khadijah bermimpi untuk terus mengambangkan lahan ini agar dapat menjadi wisata kebun sayur dan buah yang tidak hanya dinikmati oleh warga Lempakomai tetapi seluruh pengunjung yang datang ke Kebun PKBM Batu Tellu. (A.Nirsyah)

BAGIKAN