Majukan UMKM Takalar, Bupati hadirkan tiga Coaching Akselerasi UMKM

70

SULSELBERITA.COM. Takalar – Prokopim, 13 Februari 2022
Dalam memajukan UMKM di Kab. Takalar, Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt. MM mendatangkan tiga Mentoring dan Coaching dalam kegiatan Akselerasi UMKM yang digagas oleh Pemkab Takalar bekerjasama dengan Institut Teknologi Pertanian (ITP) dan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Aula Rumah Makan D’Luna Kec. Polut Kab. Takalar, Minggu 13 Februari 2022

Bupati Takalar dalam membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa dalam memajukan UMKM kita harus pintar-pintar memanfaatkan peluang bisnis dan memulainya dengan keinginan dan jiwa usaha kreatifitas dalam memajukan usaha.

“Dengan pengolahan yang bagus dapat menciptakan pasar baru dan setelah kita memproduksi suatu produk, pemasaran menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha kita” jelasnya.

H. Syamsari juga menyampaikan dalam membuat sebuah usaha dibutuhkan ide dan inovasi yang matang, kita dorong di era ini untuk mempunyai pengetahuan yang cukup sehingga mampu mengolah satu jenis bahan baku makanan menjadi beberapa menu makanan yang memiliki nilai jual tinggi.”

“Kita lakukan bimbingan dan pendampingan kepada para pelaku usaha sampai berhasil dengan harapan bisa mencetak UMKM baru dan menjadi wadah untuk bisa meningkatkan bisnis atau usaha yang dijalani. Dan bagi UMKM yang berhasil menjalankan usahanya akan dilakukan wisuda setelah menjalankan usahanya selama empat bulan” tutup bupati.

Sementara itu, Budi Prasetya selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pelatihan kelas ketiga, dimana sebelumnya dilaksanakan di Kab. Pinrang dan Kota Makassar dengan tujuan UMKM dapat mendongkrak negara kita yang bisa menjadi penopang dimasa pandemi saat ini. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari para pelaku usaha di Kab. Takalar.

Dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan
Penandatangan MoU antara ITP dengan Lunar Academy tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan skill, sosial kemanusiaan dan pengabdian kepada masyarakat serta melakukan promosi untuk mendorong pengembangan ITP dan penandatanganan MoU antara Pemkab Takalar dengan ICMI tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pendampingan dan bimtek UMKM dan mendorong pengembangan ITP serta penandatanganan MoU antara Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kab. Takalar dengan ITP terkait penyusunan naskah akademik Draf Ranperda UMKM dan pendampingan pelatihan UMKM di Kab. Takalar.