BUPATI KONSEL, USULKAN PEMBERHENTIAN SEMENTARA,??? PT GMS TERUS MENYALURKAN BANTUAN KE MASYARAKAT LAONTI, SETELAH ASRAMA MAHASISWA, BEA SISWA, BUS SEKOLAH, TEMPAT IBADAH DI 9 DESA, MINGGU DEPAN AMBULANCE LAUT DAN KOMPENSASI TAHAP IV

91

SULSELBERITA.COM, Kendari – Bupati kabupaten konawe selatan, usulkan pemberhentian sementara PT GMS

Hal itu terkuak setelah adanya pernyataan langsung yang di sampaikan oleh DPRD Provinsi fraksi partai golkar, Aksan Jaya Putra di media live streaming penasultra.id.

Advertisement

Dalam pernyataanya bahwa Aksan jaya putra, mengungkapkan bahwa bupati konawe selatan mengusulkan pemberhentian sementara PT GMS, yang beroperasi di wilayah kecamatan laonti.

Diketahui bahwa dalam surat usulan pemberhentian sementara itu terkait adanya dugaan pencemaran lingkungan.

Namun belum diketahui pasti apakah usulan pemberhentian sementara itu mendapat respon atau bagaimana.

Sebab, menurut keterangan singkat yang di peroleh dari pihak PT GMS bahwa terkait dengan adanya dugaan pencemaran lingkungan beberapa bulan lalu itu karena adanya kapal tongkang milik PT GMS yang hampir karam, namun tak berselang lama sebab kapal tongkang tersebut, secepatnya diamankan pihak PT GMS, (kamis 07/10/21)

Masih berkaitan dengan perihal di atas, Adanya kapal tongkang milik PT GMS yang hampir karam itu, sudah dilakukan RDP dengan pihak DPRD Provinsi, begitupun dengan pihak pihak Dinas yang berkaitan dalam hal ini DLHK,

Dimana hasil rapat dengar pendapat ( RDP ) di DPRD Provinsi, bahwa PT GMS telah menerima lalu melaksanakan sanksi sanksi perbaikan atau pembenahan.

Oleh karena itu, sejak saat itu pula PT GMS telah dan segera melakukan perbaikan dan pembenahan atas musibah karamnya kapal tongkang tersebut.

Artinya bahwa PT GMS dalam hal ini, terkait dengan adanya dugaan pencemaran lingkungan sudah melaksanakan prosedur seperti yang diarahkan dalam sanksi administrasi yang di terima tersebut.

Sementara itu, selain melakukan pembenahan, PT GMS terus menyalurkan bantuan kepada masyarakat kecamatan Laonti.

Ambulnce laut PT GMS untuk masyarakat loanti

Selain Asrama Mahasiswa, Bea Siswa, Bus sekolah, tempat ibadah di beberapa desa, penyaluran sembako rutin, dan AMBULANCE LAUT yang ditunggu ditunggu masyarakat kecamatan Laonti tak lama lagi bakal selesai serta minggu depan PT GMS bakal salurkan Kompensasi Tahap IV di 9 desa

Ketgam : Asrama Mahasiswa Laonti yang di bangun PT GMS

PT GMS meski saat ini sedang menghadapi situasi masa pembenahan di tengah kerasnya gesekan, masih tetap solid menyalurkan komitmen terhadap masyarakat lingkar tambang kecamatan Laonti.

Meski dalam posisi terjepit sekalipun PT GMS yang saat ini sering mendapatkan berbagai kecaman, masih terus solid melaksanakan komitmen perusahaan terhadap masyarakat lingkar tambang.

Berdasarkan pantauan media ini semenjak kehadiran PT GMS beberapa Desa pun yang berada di wilayah kecamatan Laonti,sudah menampakan perubahan positif yang signifikan baik dari sisi ekonomi, lingkungan maupun pendidikan.

Laonti yang dulunya jauh dari jangkauan kabupaten kota dan sangat terpencil, kini sudah tak merasakan lagi hal yang seperti itu, sebab sejak kehadiran PT GMS perekonomian masyarakat laonti jadi lebih membaik.

Bahkan hampir setiap hari arus lalu lintas laut, sejak kehadiran PT GMS masyarakat kecamatan laonti terlihat memenuhi kapal kapal penumpang ber lalu lalang, ke kota kendari maupun ke kabupaten kota

Artinya bahwa kehadiran PT GMS di kecamatan laonti secara langsung telah memberikan dampak positif.

Sehingga dengan demikian, pada umumnya secara garis besar Masyarakat kecamatan laonti sangat menyetujui dan menginginkan adanya perusahaan PT GMS tersebut, sebab sebagaimana yang di maksud pemerintah, agar kehadiran perusahaan dalam ber Investasi mampu memberikan dampak positif dan itu mampu sudah di jawab serta di wujudkan oleh perusahaan tambang PT GMS di laonti.

Karena,apa yang menjadi harapan sebenarnya  pemerintah baik pusat maupun kota kabupaten, sudah mampu di jawab dan diwujudkan oleh PT GMS tersebut dan masyarakat Laonti terkhusus lingkar tambang kecamatan laonti sudah merasakan dampak positif kehadiran PT GMS.

sumber : ( Pemuda Pesisir Kecamatan Laonti )

( HNR )