Ancam Lahan Petani, Masyarakat Sabulakoa Tolak Perusahaan Tebu

93

SULSELBERITA.COM. Konsel – Perusahaan PT. MARKETINDO SELARAS yang bergerak dibidang perkebunan tebu, yang bakal beroperasi masuk di kecamatan Sabulakoa Kabupaten Konawe selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. kini berpolemik bagi Masyarakat Kecamatan Sabulakoa.

Bagaimana tidak. pasalnya, rencana pembangunan pabrik tebu dan lahanya yang akan diolah untuk kebun tebu itu berpotensi akan merusak lingkungan serta mengancam lahan pertanian Masyarakat di sekitar kecamatan sabulakoa.

Advertisement

Sehingga, Masyarakat sabulakoa menolak masuknya PT. Marketindo selaras, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan tebu itu.

Masyarakat sabulakoa yang mayoritas berprofesi sebagian petani yang hampir semua jadi dalam kecamatan itu sudah jadi lokasi lahan pertanian sehingga sudah tidak ada lahan tidur lagi dan hampir semua sudah diolah oleh masyarakat tani dan sudah ditanami tanaman jangka pendek dalam Hal ini sayur mayur, ubi kayu dan beberapa tanaman lain, ungkap salah seorang Tokoh Pemuda Sabulakoa’ Firman SH.

Menurut Bung Jevin ( sapaan ), PT. Marketindo selaras. masuknya Perusahaan ini di kecamatan Sabulakoa dan juga beberapa hari yang lalu, adanya surat dari PBN RI untuk melakukan pengukuran secara tiba-tiba tanpa ada sosialisasi ataupun pertemuan dengan masyarakat setempat di kecamatan Sabulakoa dalam hal ini, 4 Desa yakni :

1.Desa wonuakoa
2.Desa ulusabulakoa
3.Desa watu-watu
4.Desa koronua

Masih Lanjut dikatakan, Firman, SH yang akrab disapa. “Bung jevhin” ini selaku tokoh pemuda di kecamatan Sabulakoa, menegaskan, tidak ingin perusahaan PT. Marketindo selaras untuk masuk di kec.sabulakoa karena disana sudah tidak ada lagi lahan tidur yang bisah di kelola perusahaan, ujarnya

Selaku tokoh pemuda juga dia berharap pada Pemerintah Kabupaten Konsel dan BPN kabupaten Konsel untuk tidak meberikan izin atau melakukan pengukuran lahan untuk perusahaan tersebut. harapnya sembari menutup sesi wawancara dengan awak media ini, sabtu 10/04/2021.

Sementara itu Pihak Perusahaan PT.Marketindo Selaras.belum dikonfirmasi, terkait Penolakan tersebut oleh Masyakat Sabulako, begitupun dengan pihak pihak yang berkompeten.

Namun demikian demi balance dalam pemberitaan, pihak media ini akan melakukan konfirmasi.

Bersambung…….?

Red|| [ HNR ANDRI ]