Bukan Dengan Tenaga Melainkan Melalui Buku, Inilah Sosok Wahyudi Yang Turut Sukseskan TMMD Desa Brenggolo

4

SULSELBERITA.COM. Wonogiri – Rabu(25/3), Bukan warga Dusun Gemawang, Desa Brenggolo dan bukan juga warga Kecamatan Jatiroto. Wahyudi(41) adalah warga Kabupaten Wonogiri yang tinggal di Dusun Tlogo Bandung, sebuah dusun kecil di kaki Gunung Guci Wonogiri, tepatnya di
Desa Tirtosworo, Kecamatan Giriwoyo, jauh berada di Selatan tempat berlangsungnya TMMD Reguler Ke-110 Kodim 0728/Wonogiri.

Saat ditemui Tim Penerangan Kodim 0728/Wonogiri Serma Indra Hidayat, dirinya yang juga sebagai Ketua Forum TMB(Taman Baca Masyarakat) menceritakan awal mula dirinya mempunyai ” Taman bacaan masyarakat ” yang berawal dari impiannya membuat taman bacaan di 25 Kecamatan yang ada. Langkah awal Wahyudi untuk mendirikan taman bacaan dimulainya awal tahun 2014, saat ia bekerja di Jakarta. Ia yang saat itu bekerja sebagai penjaga pos polisi, dengan menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli buku.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Desa Popo Hadiri Rapat Koordinasi Bersama Pemdes untuk Penerima BLT Dana Desa Tahap II

” Gaji saya tidak besar, setiap gajian saya beli buku, dua sampai tiga buku,” ucapnya.

Advertisement

Selain itu dia sering mengajak teman-temannya untuk menonton acara Kick Andy yang selalu membagikan buku-buku gratis kepada para penonton di studio. Ia juga sering mendatangi paguyuban masyarakat Wonogiri di Jakarta untuk meminta bantuan buku.

Kemudian tahun 2015 ia pun kembali ke kampungnya dan mendirikan rumah baca di Dusun Tlogo Bandung, yang ia beri nama Rumah Baca Sang Petualang (RBSP).

Lebih lanjut dia menyampaikan, perjuangan dia akhirnya berbuah manis dengan mendapatkan bantuan dari Kemendikbud menjadi pelopor program Kampung Literasi mewakili wilayah Kabupaten Wonogiri, sampai dengan diundang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Baca Juga  Dekranasda Takalar dan Wajo Berkunjung ke Balla Barakkaka ri Galesong

Dengan diadakannya kegiatan TMMD, untuk menumbuhkan minat baca terutama anak-anak dalam membaca, Dan Satgas TMMD Letkol Inf Imron Masyhadi pun menggandeng Wahyudi untuk menyediakan Taman Baca dilokasi TMMD.

Dengan adanya Taman Baca tersebut, Letkol Inf Imron Masyhadi berharap minat untuk selalu belajar dengan membaca buku anak-anak Desa Brenggolo bisa lebih meningkat.

” Buku adalah jendela dunia, untuk itu kita tumbuhkan minat membaca anak-anak dengan menggandeng Forum TMB “, pungkasnya.

(Arda 72).

Advertisement
BAGIKAN