PIAUD Bekerjasama Dengan Save the Children Melaksanakan Capacity Building Bagi Dosen UIN Alauddin Makassar

6

SULSELBERITA.COM. GOWA, sulselberita.com – Bertempat di Ruang Senat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) melaksanakan Capacity Building Bagi Dosen dalam bentuk Pelatihan Pengasuhan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 22 hingga 24 Maret 2021.

Pelatihan ini diikuti 25 dosen, baik dosen Prodi PIAUD maupun perwakilan dosen dari Prodi lain dalam lingkup Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan, Wakil Dekan 1 Dr. M. Shabir U, M.Ag, yang mewakili Dekan, menekankan pentingnya pengasuhan positif dalam era global saat ini. Orangtua dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan pengasuhan dalam menghadapi anak terutama remaja agar anak mampu menjadi insan yang mandiri dan memiliki daya saing tinggi, ujarnya.

Baca Juga  Peluang Bisnis Kangen Water, Wirausaha Kangen Water Jadi Pilihan Semua Kalangan di Sultra
Advertisement

Sementara itu, Ahmad Afiif, M.Si. Kaprodi PIAUD menjelaskan bahwa “Pelatihan Pengasuhan ini akan menjadi modal dosen PIAUD dalam berinteraksi dengan mahasiswa. Selain itu, materi dalam pelatihan dapat menjadi bahan dalam melaksanakan desiminasi dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat,” ungkapnya.

Pelatihan ini merupakan salah satu program kerja Prodi PIAUD dan terlaksana atas kerjasama dengan Save the Children dengan menyediakan 3 Narasumber, yaitu Zaldy Zulkifl, Fuadillah, dan Yati Kusumawardhana. Zaldy memberi apresiasi yang sangat baik atas kegiatan semacam ini sebab turut membantu pemerintah dalam mencegah terjadinya kekerasan pada anak.

Beberapa materi disampaikan dalam pelatihan ini adalah Hak Anak Dalam Pengasuhan, Dasar Pengasuhan, Pengasuhan yang Menetap, Disiplin Positif, dan Pemecahan Masalah dalam Pengasuhan.

*M. Isra A.

Baca Juga  Gerakan Menulis Buku Indonesia Kembali Menerjunkan KSPL
Advertisement
BAGIKAN