Prodi PGMI FTK UIN Alauddin Makassar Lakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di MI Madani dan MI Ash-Shalihin

33

SULSELBERITA.COM. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar melaksanakan dua kegiatan sekaligus yaitu: pengabdian kepada masyarakat (PKM) dan pelacakan alumni. PKM dengan tema “Pendampingan Pembelajaran SD/MI” dilakukan dengan memperkenalkan media pembelajaran Pop Up Book hasil inovasi mahasiswa PGMI FTK UIN Alauddin Makassar dengan berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah Madani Alauddin Paopao Jl. Bontotangnga, Paccinnongang, dan Madrasah Ibtidaiyah Ash-Shalihin Jl. Mustafa Daeng Bunga No. 2, Romangpolong, Kabupaten Gowa.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh tim dosen prodi PGMI yakni Dr. Usman, M.Pd, Dr. Rosdiana, M.Pd.I, Dr. Andi Halimah, M.Pd beserta 8 orang mahasiswa. Dari pihak MI Madani hadir Kepala Madrasah Abu Bakar, S.Pd., M.Pd, beserta guru-gurunya dan pihak MI Ash Shalihin hadir Ketua Yayasan Ash-Shalihin, Kepala Madrasah Sohrah, S.Pd juga beserta para guru.

Baca Juga  Adi Wijaya, Kordes KKN Universitas Muslim Indonesia Ciptakan Resapan Air Limbah

PKM kali ini berbeda dengan PKM sebelumnya, yakni PKM sebelumnya dosen melakukan PKM dengan kemandiriannya, akan tetapi mulai sekarang dan ke depan PKM ini akan terorganisir melalui kegiatan-kegiatan prodi yang sesuai dengan esensi kebutuhan madrasah dan sekolah mitra. PKM ini dilaksanakan sebagai langkah tindak lanjut dari kegiatan MoU yang telah dilakukan oleh FTK UINAM. PKM ini merupakan sebagai salah satu bentuk implementasi dari MOU tersebut dan sebagai wahana untuk membuktikan madrasah-madrasah ibtidaiyah ini sebagai mitra kerja yang memiliki kontribusi positif terhadap pengembangan pendidikan secara umum dan secara khusus di tingkat satuan pendidikan MI atau SD.

Advertisement

Tanggapan dari pihak MI Madani Alauddin Paopao Kepala Madrasah Abu Bakar, S.Pd., M.Pd “Alhamdulillah masya Allah luar biasa inovasi baru dari tim PKM dan mahasiswa PGMI FTK UINAM di mana inovasi ini merupakan inovasi baru yang sangat mendukung proses pembelajaran dan sangat membantu para guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, serta akan menambah semangat peserta didik dalam menimba ilmu karena media pop up book ini merupakan media tiga dimensi. Media ini tetap dikembangkan, dievaluasi sehingga menghasilkan karya yang jauh lebih baik agar bermanfaat untuk peserta didik dan seluruh guru yang ada di Indonesia,” Ujarnya.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Desa Pakabba Hadiri Reses Anggota Dewan, Ini yang Dilakukan

Senada dengan itu, Kepala Madrasah MI Ash Shalihin Sohrah, S.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada prodi PGMI karena dengan adanya PKM ini memicu guru-guru kami untuk lebih maju lagi.

“Ke depannya kami berharap untuk kerjasamanya supaya guru-guru kami diberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran agar proses pembelajaran di MI Ash-Shalihin lebih meningkat,” pungkasnya Sohrah, S.Pd.

Advertisement
BAGIKAN