Bupati Maros Buka Musrenbang Kecamatan Cenrana dan Resmikan Kantor Kepala Desa Laiya

41

SULSELBERITA.COM. Bupati Maros, H.A. S Chaidir Syam bersama Wakil Bupati Maros, Hj. Suhartina Bohari, menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat Kecamatan Cenrana, yang dipusatkan di Kantor Kepala Desa Laiya, Selasa, (2/3/2021).

Turut hadir pada acara Musrenbang, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Irfan AB, Wakil Ketua I DPRD Maros, Haeria Rahman, Anggota DPRD Maros Hj. Suriati Jufri, Camat Cenrana H. Suardi Sawedi, Danramil, Kapolsek, para Kepala Desa dan ketua PKK Desa Laiya bersama anggotanya.

Musrenbang yang berlangsung di Desa Laiya, agak istimewa karena dirangkaikan dengan peresmian Kantor Kepala Desa Laiya yang baru, dilakukan oleh Bupati Maros. Kehadiran Bupati Maros Chaidir Syam diacara musrenbang mendapat sambutan hangat dan meriah dari warga masyarakat Desa Laiya.

Ini tergambar dari wajah masyarakat yang menunggu Chaidir Syam dalam suasana diantara teriknya matahari dan cuaca mendung. Namun, tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan cara Pakai masker, dan cuci tangan, serta jaga untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19.

Selain Camat Cenrana, turut pula memberikan pokok-pokok pikiran dari wakil ketua DPRD Maros, Haeriya Rahman (PAN) dan Abidin Said (Nasdem). Menurut Haeriya, kegiatan Musrenbang adalah kegiatan tahunan. Namun, diharapkan melalui musrenbang akan menghasilkan program yang terbaik dan menjadi prioritas dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan.

Sementara Abidin Said berharap Kabupaten Maros dibawa kepemimpinan Chaidir. Maros bisa lebih maju dan mantap, ujarnya.

Menurut Abidin, berbicara pokok pikiran adalah merupakan gagasan yang bersumber dari keinginan masyarakat untuk pembangunan. Abidin juga mengingatkan kepada Bupati soal mutasi pegawai agar dipertimbangkan
Misalnya, ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dimutasi dari Mallawa di tempatkan ke Tompobulu.

Selain itu, soal pelayanan kartu keluarga (KK) dan KTP perlu ditingkatkan. Perlu ada pendelegasian Bupati ke camat. Artinya, mungkin perlu ada layanan di kecamatan untuk kepengurusan KK dan KTP. Sehingga masyarakat yang dari desa tidak perlu lagi ke Maros.

Menurut Bupati Maros Chaidir Syam: Musrenbang merupakan wadah masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya. ” Apa yang menjadi prioritas pembangunan disalurkan melalui musrenbang. Bukan karena keinginan,” ujar Chaidir Syam.

Sementara untuk pembangunan Kantor Camat Cenrana, Bupati mengatakan, sudah dianggarkan, dan akan diselesaikan, tutup Bupati Maros.(A.Patawari)