Partai UKM Dukung Langkah Presiden Jokowi Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid 19

3

SULSELBERITA.COM. Jakarta – H. Bustan Pinrang Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Usaha Kecil Menengah (DPP Partai UKM) memuji dan mendukung langkah-langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang peduli pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Terutama agar dapat bertahan di tengah pandemi corona atau wabah covid-19.

Kata Bustan sapaan akrabnya, langkah taktis pemberikan stimulus ekonomi dari pemerintah, tentu sangat diharapkan UMKM yang terdampak. Dimana agar bisa bangkit dan bertahan di tengah himpitan penurunan omset.

“Dengan adanya lima skema strategi besar dalam program perlindungan dan pemulihan ekonomi UMKM, saya yakin ekonomi Indonesia akan bangkit kembali. Presiden Jokowi memiliki komitmen membangun Indonesia dengan Visi-nya SDM Unggul Indonesia Maju,” ujar H. Bustan saat dihubungi, Jumat (29/01/2021)

Baca Juga  Hadiri Upacara HKN, Kapolsubsektor Bonsel: HKN Memiliki Makna Besar
Advertisement

Kata pengusaha dan pelaku UMKM dan Koperasi ini, pertama dalam program pemulihan dan stabilitas ekonomi, pelaku UMKM yang masuk kategori miskin dan rentan harus dipastikan menjadi penerima bantuan sosial (bansos). Dimana ini penting untuk menutupi menurunnya penghasilan dan mengurasi beban yang ditanggung pelaku UMKM.

“Pemerintah akan memperkuat progaram PKH (Program Keluarga Harapan), paket sembako, bansos tunai, BLT Desa, maupun pembebasan pengurangan tarif listrik dan Kartu Prakerja. Hal ini sebagaimana diucapkan Presiden Jokowi saat menggelar rapat terbatas melalui telekonferensi, Rabu (29/4/2020) lalu,” terangnya.

H. Bustan melanjutkan yang kedua, pemerintah telah memberikan insentif perpajakan bagi pelaku UMKM yang omzetnya masih di bawah Rp 4,8 miliar per tahun. Terus yang ketiga, pemerintah telah memberi stimulus berupa relaksasi dan restrukturisasi kredit bagi UMKM dengan berbagai program.

Baca Juga  Korkab Suara Indonesia Angkat Bicara Terkait Penerima BST Tahap Kedua Yang Dianggap Dipermainkan Oleh Pemda

“Tentu Presiden Jokowi sudah meminta agar program penundaan angsuran dan subsidi bunga diperluas untuk usaha mikro. Bahkan untuk penerima bantuan usaha dari Pemda. Ini komitmen yang sangat kuat bagi Jokowi untuk merecovery ekonomi yang melemah akibat covid 19,” urainya panjang lebar.

Kata Bustan skema keempat, yaitu perluasan pembiayaan bagi UMKM berupa stimulus bantuan modal kerja darurat. Bustan mengatakan, Presiden Jokowi dalam hal ini sudah merancang betul-betul agar UMKM merasakan manfaatnya.

Kata H. Bustan, skema kelima yakni, kementerian/lembaga, BUMN dan Pemda harus menjadi buffer dalam ekosistem usaha UMKM terutama pada tahap awal recovery. Konsolidasi usaha ini penting sekali sebagaimana diharapkan Pak Jokowi.

“Realokasi anggaran pemerintah daerah baik propinsi maupun kabupaten/kota harus diarahkan pada pemberian stimulus ekonomi bagi pelaku UMKM. Dengan demikian, mereka dapat terus bertahan di tengah pandemi corona ini,” tandas Politisi asal Sulawesi Selatan ini.

Baca Juga  Jaga Kestablilan Kamtibmas saat Nataru 2020, Samapta Polda Banten Laksanakan Patroli

Terakhir menurutnya, kelima skema strategis ini diharapkan bisa dipimpin Mendagri untuk menyampaikan dan menginstruksikan ke daerah-daerah mengenai hal ini. Sehingga kita berharap UMKM di Indonesia, bisa bertahan di tengah pandemi covid 19.

“Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus bahu membahu dan sinergi untuk memulihkan ekonomi nasional. Selain itu membina dan membantu UMKM nasional bisa bangkit kembali sebagai penggerak ekonomi nasional,” pungkas Direktur PT Pinrang Mall Sejahtera (PMS) ini. (red)

Advertisement
BAGIKAN