Peristiwa Pohon Tumbang di Ruas Tamamelong Selayar, Tutup Catatan Kejadian Bencana di Sepanjang Tahun 2020

28

SULSELBERITA.COM.Selayar – Beragam catatan peristiwa dan kejadian, berlalu pergi, seiring dengan pergantian tahun baru 2021.

Peristiwa tumbangnya salah satu pohon, di wilayah Tamamelong, Desa Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel, yang terjadi sehari sebelum pergantian tahun, menutup rangkaian catatan kejadian bencana, sepanjang tahun 2020.

Advertisement

Kepala seksi kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Andi Bahar Arsyad, melaporkan, “pohon tumbang, pada sekitar pukul 16.29 wita, hari, Rabu, (30/12) sore dan kontan menutupi bahu jalan poros menuju ibukota Kecamatan Bontosikuyu”.

“Tim reaksi cepat (TRC) posko siaga bencana (BPBD) yang mendapat laporan kejadian, langsung meluncur ke lokasi tempat kejadian peristiwa dan dengan sigap membersihkan seluruh bagian pohon tumbang yang menutupi bahu jalan poros dan sempat beberapa menit memicu terjadinya antrian kendaraan yang mengarah dari sebelah utara Kecamatan Bontosikuyu dan sebaliknya”.

“Kejadian ini sendiri, diduga kuat dipicu oleh hembusan angin yang bertiup sepoi-sepoi”.

Namun satu bentuk kesyukuran tersendiri, karena kejadian pohon tumbang ini, tidak sempat menelan korban jiwa dan ataupun kerugian material lainnya, pungkas Andi Bahar. (Hms BPBD/Andi Fadly Dg. Biritta)