Black Panther dan Rydder Gelar Latihan Weapon Delivery

19

SULSELBERITA.COM. Pekanbaru – Skadron Udara 12 “Black Panther” dan Skadron Udara 16 “Rydder” tingkatkan profesionalnya dengan melaksanakan Latihan Weapon Delivery (air to ground) baik siang maupun malam, latihan berlangsung selama lima hari mulai tanggal 23 s.d. 27 November 2020, latihan dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 12 Letkol Pnb Fardinal Umar, dan Komandan Skadron Udara 16 Mayor Pnb Andri Setyawan., tempat di Area Latihan Lanud Roesmin Nurjadin tepatnya di AWR Siabu Kampar Riau, Selasa (26/11/2020).

Dalam latihan Weapon Delivery (day and night bombing) tersebut, Skadud 12 melibatkan pesawat Hawk 100/200 dengan menggunakan bomb BLA-25 dan MK-82 serta melaksanakan Sim SA (night), sedangkan “Rydder” Skadud 16 dengan menggunakan bomb BLA-25, bomb MK-82 innert, Bomb MK-81 live dan ammo gun 20 mm serta melaksanakan provile attack.

Baca Juga  Kasus Dugaan Penolakan Bayi Pasien BPJS Sudah 2 Tahun Bergulir, Namun Tak Ada Kejelasan, Ada Apa?

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T., M.M., mengatakan, latihan rutin yang dilaksanakan oleh Skadud 12 dan Skadud 16 adalah untuk meningkatkan profesionalisme para penerbang dalam mengoperasikan pesawat tempur dengan melakukan penembakan dari udara ke darat dengan menggunakan bomb baik siang maupun malam pada misi Weopon Delivery (air to ground).

Advertisement

“Latihan weapon delivery yang berlangsung selama 5 ini merupakan latihan profesiensi yang dilaksanakan secara berkala dengan melibatkan seluruh penerbang Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 guna terus membina dan meningkatkan kesiapan penerbang maupun alutsista yang dioperasionalkan”, kata Ronny Moningka.

Selanjutnya Ronny Moningka mengatakan, meskipun sekarang dimasa pandemi Covid-19, latihan rutin akan terus dilakukan, namun tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Baca Juga  Jalin Komunikasi Lewat Bincang Bincang Santai, Wakapolres Gowa Beri Pemahaman Tentang Penanganan Kasunya pada Korban Penganiayaan di Biringbulu

“Kita berharap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar Covid-19 cepat berakhir dan kita bisa kembali beraktifitas seperti semula”,ujar Ronny Moningka.

Sumber : humas AURI

Editor : Ansori tim intivigasi

Advertisement
BAGIKAN