487 Peserta Ikuti Asesmen Kompetensi Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas di Kab.Sinjai

30

SULSELBERITA.COM.SINJAI-Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar asesmen kompetensi bagi guru, kepala, dan pengawas madrasah. Uji kompetensi digelar serentak pada 19 – 23 November 2020 termasuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK), Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) dititik lokasi MAN 1 Sinjai dan MAN 2 Sinjai,Kamis (19/11/2020).

Sebanyak 487 jumlah peserta yang terdiri dari Guru Madrasah,Kepala Madrasah dan Pengawas madrasah yang terdaftar ikut uji kompetensi terhitung Sejak tnaggal 19 hingga 23 November 2020, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,”

Advertisement

“Dimana Peserta dapat melihat hasil asesmen kompetensinya melalui akun SIMPATIKA masing-masing,”

Pada kesempatan tersebut Kakankemenag Sinjai saat memantau langsung pelaksanaan AKG, AKK dan AKP yang akan berlangsung mulai tanggal 19 hingga 21 Nopember 2020 di titik lokasi MAN 1 Sinjai berjalan lancar dan sukses dimana Asesmen kompetensi ini untuk mengukur potensi, kualitas dan profesionalitas para peserta.

Baca Juga  H.Syamsul Bakhri S.Ag: Mari kita bekerja Penuh Tanggung Jawab dengan Tufoksi Kita Masing Masing

“Kepada peserta dan panitia pelaksana, selama ujian berlangsung untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar proses asesmen ini berjalan aman dan lancar sesuai yang kita harapkan bersama,”harap Drs H.Abd Hafid M.Talla M.AP

asesemen kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah ini bertujuan mengetahui tingkat dan gambaran informasi umum kompetensi mereka sesuai standar yang telah ditetapkan. Asesmen juga penting untuk memetakan sebaran dan kompetensi mereka sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Terpisah Kasi Pendidikan Madrasah menuturkan saat melakukan Pemantauan di Titik MAN 2 Sinjai Asesmen dilakukan untuk menyusun rapor kompetensi yang akan menjadi acuan pihak terkait dalam pengembangan keprofesionalan guru, kepala dan pengawas madrasah,”

Dra Kamriati Anies M.Pd.I menambahkan, asesmen kompetensi diikuti semua guru, kepala dan pengawas madrasah pada semua jenjang se Kab.Sinjai mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) yang memenuhi persyaratan. Kepala Madrasah, termasuk Kepala RA, dan pengawas pada Madrasah,”

Baca Juga  Hadiri Dialog CSR HIPPMA-KONUT, Wasekjend PB HMI Sarankan Godok Blue Print CSR

“Asesmen kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah sangat penting. Sebab, mereka menjadi penentu kualitas penyelenggaraan pembelajaran di madrasah.Hasil asessment ini akan menjadi dasar kebijakan Kemenag,” tandasnya.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini sudah bisa memetakan apa-apa nantinya dalam hal pembinaan maupun pengembangan guru termasuk kepala madrasah,” harapnya.

Advertisement
BAGIKAN