Pemkab Takalar Upayakan Takalar Zero Stunting

100

SULSELBERITA.COM. Takalar – Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kab. Takalar dalam mengurangi Stunting di Kab. Takalar seperti dengan menerapkan pola asuh yang baik dan menciptakan lingkungan yang sehat, hal ini diungkapkan Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt. MM dalam membuka kegiatan Aksi Rembuk Stunting Kab. Takalar di Baruga I Mannindori, Kamis 25 Juni 2020.

Bupati Takalar dalam arahannya mengatakan bahwa Pemerintah yang baik adalah pemerintah yang memiliki tata kelola yang baik pula, tentunya dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Advertisement

“Hak menjadi sehat adalah hak setiap orang. kita harus mengedukasi masyarakat agar tetap menjalankan pola hidup sehat”. Jelas Bupati

Dilanjutkan seluruh aparat desa dan kader desa harus digerakkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa diperhatikan.
kita harus menjadi birokrat yang sehat yang secara mendasar memiliki tanggungjawab terhadap warganya.

Saya berharap agar kita semua tetap peduli dengan sesama, dengan cara yang terstruktur atau terencana akan mengurangi jumlah orang yg mengalami stunting dan gizi buruk di Kab. Takalar sehingga kita betul-betul mengembangkan tata kelola yang baik.

“Kita terus berupaya dalam mengurangi angka Stunting di Takalar kalau bisa Zero Stunting” Tutup orang nomor satu di Takalar.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Takalar sekaligus Ketua Forum Kabupaten Sehat (KKS) Kab. Takalar Dr. Hj. Irma Andriani, S.Pi. M.Si mengatakan bahwa sebagian besar masyarakat mungkin belum memahami istilah yang disebut stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

“Masalah stunting ini adalah tanggungjawab kita bersama, mari kita membuat lebih kuat lagi komitmen kita dalam upaya mencegah stunting sehingga Takalar zero stunting”. jelas Ketua Forum Sehat Takalar.

Lanjut dikatakan salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak di Kab. Takalar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

“Terdapat empat hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih dan layanan kesehatan”. Tutur Hj. Irma.

Dalam kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penandatangan berita acara tentang hasil kesepakatan rembuk stunting Kab. Takalar tahun 2020 dan penandatangan dukungan komitmen intervensi stunting Takalar oleh Bupati Takalar dan Ketua KKS Kab. Takalar, Kapolres Takalar serta para Camat se-Kab. Takalar.