Demi Tingkatkan Ketahanan Pangan Babinsa Kemlayan dan Ibu-ibu LPMK Budikdamber

18

SULSELBERITA.COM. Surakarta, Dengan semakin menyempitnya potensi lahan di wilayah perkotaan yang bisa di mamfaatkan maka pekarangan merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih yakni Budidaya ikan dalam ember atau dekenal dengan budikdamber, (20/9)

Bertempat di RW 02 Kelurahan Kemlayan Babinsa Koramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta Sertu A. Rumbawa bersama ibu-ibu LPMK melaksanakan kegiatan budidaya lele dalam ember ( Budikdamber ).

Advertisement

Tehnik budikdamber yang pertama kali digagas seorang dosen budidaya perikanan Politehnik Negeri Lampung bernama Juli Nursandi ini sangat efektif dan solusi yang tepat untuk daerah perkotaan yang memiliki lahan yang terbatas.

Ibu Ketty Ristini selaku ketua LPMK kelurahan menyampaikan, dengan usaha mencapai ketahanan pangan masyarakat khususnya masyarakat kelurahan kemlayan. selain budidaya ikan lele dalam ember juga dikombinasikan dengan aquaponik sederhana yaitu dengan menanam kangkung diatasnya dengan media arang dimasukan dalam gelas cup bekas es poci kemudian di tatah sedimikian rupa diatas permukaan ember, prosesnya dimana tanaman memamfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan akan menjadi racun ikan itu sendiri. Lalu tataman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya dan menyuplai oksigen pada air untuk perkembangan ikan tersebut.

Kami ibu-ibu LPMK mengawali Budidaya ikan dalam ember ini dan rancannya kedepan kami mengsosialisasikan kepada 6 RW yang ada di kelurahan kemlayan dengan tujuan menumbuhkan semangat kewirausahaan ibu-ibu rumah tangga dan warga secara umum, Pungkasnya

(Agus Kemplu)