CHC Berdayakan Petani Kopi di Leang-Leang Maros

363

SULSELBERITA.COM. Makassar - Makassar. Celebes heritage Coffe (CHC), berdiri sejak tahun 2018. Komunitas ini lahir, mengedepankan produksi kopi yang berasal dari wilayah-wilayah yang menginisiasi lahirnya perkebunan kopi di Sulawesi Selatan (heritage). Kopi heritage yang menjadi brand andalan adalah kopi-kopi yang memiliki catatan dalam sejarah lahirnya pertanian kopi di Sulawesi Selatan. Tentunya, komunitas CHC tidak lepas dari tiga founder yakni Iswadi, Yadi Mulyadi, dan Saiful. Kini perkebunan kopi berkebangsaan Belanda kembali ditemukan di perkebunan kopi karst Leang-Leang dan kopi karst Lopi-Lopi Maros, Sulawesi Selatan.

Saiful,maneger CHC untuk kopi karst, menjelaskan literatur yang ada, "Kopi awal dan mulai dikembangkan di wilayah ini dilakukan oleh Jacob Mesman sekitar tahun 1857, sejalan dengan perkembangannya masyarakat di wilayah ini mulai mengembangkan kopi dalam wilayah karst, adapun suplai bibit diperoleh dari pemerintah kolonial Belanda yang secara intensif melakukan penanam kopi. Dari wawancara dengan beberapa petani kopi, diperoleh informasi bahwa kopi mulai dibudidayakan kembali sekitar tahun 1960-an, dan sekitar tahun 1990-an kopi mulai ditinggalkan seiring dengan adanya serangan hama karat daun dan jatuhnya harga kopi" jelasnya Saiful. Makassar 18/09/20

Advertisement

Hamrullah (Ambu), pemuda gondrong itu jelasnya bahwa "akhir tahun 2018, saat itu, menemukan dan menyangrai kopi-kopi yang tumbuh liar di kaki dan celah-celah karst Leang-Leang, kemudian teman-teman mencicipinya dan mereka menyatakan kopi itu bagus. Lanjut tahun 2019, CHC mulai mengidentifikasi kebun-kebun kopi di kawasan perkebunan kopi karst Maros. Saat itu, komunitas CHC mulai menjajaki menghidupkan kembali gairah petani kopi di pegunungan Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Maros, Sulewesi Selatan", jelasnya. Makassar, 16/09/2020.

Ditambahkan, Saiful "Komunitas CHC bergerak dalam pendistribusian biji kopi mentah, biji kopi matang (roasted bean), dan kopi bubuk yang didukung oleh karyawan yang professional". Kini kami mendapingi masyarakat petani kopi karst Leang-Leang dan kopi karst Lopi-Lopi, wilayah kecamatan Bantimurung Maros. Kopi karst ini dinamai "Kopi Karst Mapang", mulai dipasarkan pada bulan ini, jelasnya Saiful. Makassar. 18/09/2020.