Sekda Konsel Pastikan Asrama Mahasiswa Dibangun Tahun Ini

215

SULSELBERITA.COM.  Konawe Selatan.-  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Sjarif Sajang memastikan pembangunan asrama mahasiswa Konsel terealisasi tahun 2020 ini.

Menurutnya, Pemda Konsel benar - benar sudah menganggarkan biaya pembangunan asrama mahasiswa bagi anak - anak mahasiswa Konsel yang sedang menempuh pendidikan di sejumlah universitas di Kota Kendari. Mantan Kadis Pendidikan Konsel ini pun tidak menampik jika terjadi pergeseran waktu pelaksanaan pembangunan asrama tersebut. Hal ini disebabkan bukan karena Pemda sengaja apalagi sampai menghilangkan anggaran tersebut untuk tujuan lain. Melainkan karena adanya realokasi anggaran dalam APBD sesuai surat edaran menteri keuangan dan Kemendagri, untuk percepatan penanganan Covid-19.

Advertisement

" Anggarannya ada. Tidak ada yang namanya penghapusan anggaran. Kita bicara sesuai data resmi yang ada di Keuangan. Kami sudah mempersiapkan rencana actionnya bersama Kadis PU, Kabag Pemerintahan, Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Dinas Keuangan, dan Bapeda. Adapun sejauhmana progres persiapannya adik - adik mahasiswa bisa cek langsung dalam satu atau dua hari kedepan pada bagian pemerintahan Sekretariat Daerah" ungkapnya.

Sjarif Sajang mengaku bahwa cepat atau lambannya realisasi pembangunan fisik gedung asrama tersebut tergantung ketersediaan lahannya. Semakin cepat ditemukan lahan yang layak akan semakin cepat pula dimulai pembangunan gedungnya.

"Saya sudah liat desainnya, bahkan sudah di asistensi. Sehingga saya memastikan fisik bangunannya tahun ini akan terealisasi. Anggaran itu tidak dihapus. Jadi kalau ada infomasi yang beredar bahwa anggaran asrama dihapus, itu kita tidak tau asalnya, " akunya, menambahkan.

Sebelumnya kata Sjarif Sajang, Pemda sudah mendapat lokasi untuk bangunan asrama tersebut. Namun, berdasarkan hasil perhitungan tim apraisal dana untuk pembebasan yang tersedia tidak mencukupi.

"Atas dasar pertimbangan tim apraisal, Bupati menyarankan agar dicari lahan alternatif yang sesuai dengan ketersediaan anggaran. Inilah salah satu faktor yang menjadi kendala percepatan realisasi pembangunan fisik gedung asrama tersebut. Untuk itu, saya meminta kepada adik - adik mahasiswa untuk tenang menyikapi situasi ini. Dan tidak terprovokasi dengan informasi yang sumbernya tidak valid,"tutupnya.

( H E N D R A )