Di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020, Sebanyak 250 Pasukan Brimob  Kerja Bakti Bersihkan Saluran Drainase

198

SULSELBERITA.COM. Kendari - Guna memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila tanggal 1 Juni 2020, ratusan personel Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) secara sukarela membersihkan saluran air atau drainase di Kota Kendari, Senin, (01/06/2020). Kegiatan sosial ini langsung dipimpin Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sultra Kombes Adarma Sinaga, S.IK, M. Hum.

Dalam kegiatan ini, Satuan Brimob Polda Sultra menerjunkan sekitar 250 personel membersihkan gorong-gorong drainase bersama masyarakat sekitar dan Dinas PU Kota Kendari.

Advertisement

"Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2020. Mari amalkan butir-butir Pancasila untuk memupuk kerukunan. Dimana dimulai dari lingkungan terdekat, gotong royong, cinta keluarga, cinta sesama, dalam interaksi sosial bawa selalu semangat Pancasila," Dansat Brimob Kombes Adarma Sinaga, S.IK, M. Hum, kepada media.

Personel Sat Brimobda Polda Sultra yang diterjunkan terlihat bergotong royong bersama masyarakat setempat dengan menggunakan peralatan apa adanya berupa cangkul dan sekop, untuk membersihkan saluran air atau drainase yang berada di bahu jalan yang sudah tertutup pasir dan sampah sehingga mengakibatkan saluran air tersumbat dan menjadi tergenang ketika hujan tiba.

"Selain membersihkan drainase, ratusan personel peserta kerja bakti juga melaksanakan pemotongan rumput yang berada di trotoar jalan," Dansat Brimob Polda Sultra Kombes Adarma Sinaga kepada media.

Dirinya mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengisi peringatan Harlah Pancasila melaksanakan kegiatan kerja bakti dengan sasaran sepanjang Jalan Brigjen Katamso, dari depan Makosat Brimob Polda Sultra sampai wilayah Bundaran Adi Bahasa, Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

Menurut Adarma, lokasi tersebut merupakan salah satu titik rawan genangan air pada saat musim hujan yang cukup parah di Kota Kendari.

"Seperti yang dapat kita lihat bersama bahwa sebelumnya genangan air yang berada di dekat SMAN 5 Kendari ini cukup parah dan sangat mengganggu kenyamanan masyarakat pengguna jalan. Kami juga mendapat informasi bahwa telah beberapa kali ada masyarakat pengguna sepeda motor yang terjatuh di titik ini akibat genangan air serta lubang di tengah jalan yang cukup dalam," kata Adarma.

Menurutnya, tepat di momen peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2020, pihaknya membuat konsep kerja bakti bersama masyarakat untuk menormalkan kembali fungsi jalan dan drainase yang tertutup genangan air dan lumpur.

"Harapan kami dengan pelaksanaan kerja bakti hari ini masyarakat yang berada di sekitar SMAN 5 Kendari ini dapat terbantu serta pengguna jalan dapat berkendara dengan nyaman," pungkas pria asal Sumatera Utara ini. (red).