Aminuddin Syam Dukung Pemprov SulSel Karangtina ODP di Hotel

89

SULSELBERITA.COM. Makassar, --- Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas), Aminuddin Syam menilai kebijakan Pemprov Sulsel karantinakan orang dalam pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 di hotel sudah tepat.

“Saya kira tidak ada yang salah dengan kebijakan gubernur menempatkan ODP dan OTG di Hotel, Kalau diantaranya setelah rapid test ada yang positif dan tidak ada indikasi penyakit penyerta maka tidak salah juga ditempatkan di Hotel sepanjang ada tim dokter yang memantau. Apalagi kalau di RS mereka bisa lebih tertekan karena di kiri kanannya dipenuhi dengan orang Sakit,” katanya kepada wartawan, Jumat, (30/4/2020).

Advertisement

“Isolasi mandiri di Hotel dgn pengawasan tim medis, lebih memungkinkan pasien merasa tenang karena suasananya lebih aman dan nyaman, apalagi jika kebutuhannya dijamin khususnya makanan begizi,” tuturnya.

Ia yakin penyebaran Covid-19 di Sulawesi Selatan khusunya di Makassar bisa ditekan dengan melakukan karantina OPD dan OTG dengan standar WHO.

“Saya kira tim medis dan orang di sekitarnya tidak akan berbahaya sepanjang mengikuti SOP WHO,” tutupnya.

Dirumahnya tidak memenuhi syarat untuk isolasi mandiri, ditambah dengan asupan gizi.